Matakuliah Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Kimia

Kompetensi/ Com­pe­ten­ci­es

Meng­em­bangk­an instru­men peni­la­i­an kimia di seko­lah yang men­ca­kup aspek kog­ni­tif (kete­ram­pil­an ber­pi­kir ting­kat ting­gi), aspek afek­tif, dan aspek psikomotor/Deve­lo­ping che­mis­try instru­men­tal ana­lysis in scho­ols whi­ch inclu­de cog­ni­ti­ve and psycho­mo­tor aspe­cts

Bah­an Kajian/Sub­je­ct Mat­ters

Peni­la­i­an kete­ram­pil­an ber­pi­kir ting­kat ting­gi yang meng­a­cu pada tak­so­no­mi Blo­om-Kra­th­whol, peni­la­i­an psi­ko­mo­tor (rubrik kegi­at­an labo­ra­to­ri­um), dan peni­la­i­an afek­tif (sikap, dan karak­ter), pro­se­dur pengem­bang­an instru­men peni­la­i­an pro­ses dan hasil belajar/Higher-order thin­king ski­lls assess­ment based on Blo­o­m’s taxo­no­my-Kra­th­whol, psycho­mo­tor assess­ment (rubri­cs acti­vi­ti­es labo­ra­tory), and assess­ment of affe­cti­ve (atti­tu­de and cha­ra­cter), the pro­ce­du­re of instru­men­tal assess­ment deve­lo­pment in lear­ning

Tuju­an/Objectives

Mela­lui kaji­an lite­ra­tur, dis­ku­si, tanya jawab dan penu­gas­an, maha­sis­wa dapat                             (1) mema­ha­mi kai­dah-kai­dah pengem­bang­an instru­men peni­la­i­an pro­ses dan hasil bela­jar; (2) menyu­sun instru­men peni­la­i­an kog­ni­tif ber­pi­kir ting­kat ting­gi, afek­tif, dan psi­ko­mo­tor; dan (3) meng­a­na­li­sis instru­men penilaian/Thro­u­gh lite­ra­tu­re revi­ew and giving an assig­nment, stu­den­ts sho­u­ld be able to (1) unders­tand the rules of instru­men­tal assess­ment deve­lo­pment of  lear­ning pro­cess and outco­me; (2)design an instru­ment for higher order thin­king ski­lls, affe­cti­ve and psycho­mo­tor; (3) ana­lyze the instru­men­tal assess­ment

Daf­tar Pustaka/Refe­ren­ces

  1. McMi­ll­an, James H. 2008. Assess­ment Essen­ti­als for Stan­da­rds-Based Edu­ca­tion. New York: Cor­win Press
  2. Safa­ri. 2004. Tek­nik Ana­li­sis Butir Soal Instru­men Tes dan Non-tes dengan Manu­al, Kalcu­la­tor dan Kom­pu­ter. Jakar­ta: Depdik­nas
  3. Surap­ra­na­ta, S. (2004). Pan­du­an Penu­lis­an Tes Ter­tu­lis. Ban­dung: Rema­ja Rosda Kar­ya
  4. Kra­th­wohl , D. R., 2002. A Revi­sion of Blo­o­m’s Taxo­no­my: An Ove­rvi­ew. The­ory Into  Pra­cti­ce, Volu­me 41,  Num­ber 4, Autumn 2002
  5. Popham, W.J. 2007. Class­ro­om Assess­ment, What Tea­chers Need to Know. Bos­ton: Allyn & Bacon.
  6. Raha­yu, S. 2013. How to eva­lu­a­te affe­cti­ve dimen­sion in Che­mis­try Edu­ca­tion. In Kahve­ci, M. & Orgi­ll, M. (Eds). Affe­cti­ve dimen­sions in che­mis­try edu­ca­tion. Hei­del­berg, Ger­many: Spri­nger

Next Post

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU

Thu May 26 , 2016
PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU   Neni Triwidayanti*, Endang Budiasih dan Dedek Sukarianingsih Pro­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian