Matakuliah Statistik Kependidikan

Kompetensi/Com­pe­ten­ci­es

Mema­ha­mi sta­tis­tik seba­gai waha­na pengo­lah­an data nume­rik (kuan­ti­ta­tif), me­ma­hami fung­si dan man­fa­at sta­tis­tik seba­gai penun­jang kegi­at­an pene­li­ti­an, mema­ha­mi sifat dan fung­si ber­ba­gai jenis sta­tis­tik, ter­am­pil meng­gu­nak­an ber­ba­gai pro­se­dur sta­tis­tik untuk meng­o­lah data, dan mema­ha­mi mak­na hasil olah­an statistik/ Unders­tan­ding the essen­ce of sta­tis­tic as a tool for nume­ri­cal data or quan­ti­ta­ti­ve ana­lysis, unders­tan­ding  the fun­ction of sta­tis­ti­cs in rese­ar­ch; unders­tan­ding the pro­per­­ties and fun­ctions of seve­ral pro­ce­du­res of sta­tis­ti­cs; being able to use vari­o­us sta­tistical pro­ce­du­res in data ana­lysis and to interp­ret the resul­ts of sta­tis­ti­cal ana­lysis.

Bah­an Kajian/Sub­je­ct Mat­ters

Penger­ti­an dan per­an­an sta­tis­tik dan sta­tis­ti­ka; jenis data dan tek­nik pengum­pul­an data; penya­ji­an data; ukur­an sta­tis­tik bagi data; dis­tri­bu­si pelu­ang; pengu­ji­an hipo­te­sis; uji kesa­ma­an dua vari­an; per­ban­ding­an dua dan lebih dari dua rata-rata (uji‑z, uji‑t, ana­va); kore­la­si dan regre­si; ber­ba­gai pro­se­dur sta­tis­ti­ka non-para­­me­­trik; dan pengo­lah­an data meng­gu­nak­an pro­gram SPSS for win­do­ws./Defi­ni­tion and the roles of sta­tis­ti­cs; types of data; tech­ni­qu­es of  data colle­ction; pre­sen­ta­tion of data; sta­ti­tis­ti­cs and para­me­ters; dis­tri­bu­tion of chan­ces; the tes­ting of hypo­the­ses; the homo­ge­ne­i­ty of vari­an­ces of two dis­tri­bu­tions; com­pa­ri­son of two and more than two gro­u­ps of sco­res (z, t and vari­an­ce tets); cor­re­la­tion and regres­sion; vari­o­us pro­ce­du­res in non-para­me­tric sta­tis­ti­cs; and data pro­ces­sing using SPSS for win­do­ws pro­gra­mes.

Tujuan/Obje­cti­ves

Sete­lah mem­pe­la­ja­ri mate­ri Sta­tis­ti­ka Kepen­di­dik­an mela­lui stu­di lite­ra­tur, dis­ku­si dan tanya jawab, pem­be­ri­an tugas, dan latih­an pen­desk­ri­psi­an dan ana­li­sis data, maha­sis­wa dapat mema­ha­mi ten­tang: (1) cara pengam­bil­an sam­pel dan cara pengum­pul­an data,                (2) ska­la pengu­kur­an vari­a­bel, (3) cara penyajian/pendeskripsian data, (4) ukur­an sta­tis­tik bagi data dan meng­hi­tung ber­ma­cam-macam ukur­an sta­tis­tik bagi data, (5) bebe­ra­pa macam ben­tuk sebar­an, yang meli­pu­ti sebar­an nor­mal, sebar­an z, sebar­an t, sebar­an khi kua­drat, dan sebar­an F, ser­ta meng­gu­nak­an sebar­an-sebar­an itu untuk uji hipo­te­sis,                 (6)  sya­rat-sya­rat untuk uji hipo­te­sis, (7) kore­la­si dan regre­si ser­ta dapat meng­hi­tung­nya, (8) ana­li­sis vari­an­si dan peng­gu­na­an­nya untuk uji hipo­te­sis, (9) ana­li­sis data meng­gu­nak­an pro­gram SPSS, (10) mem­be­dak­an anta­ra sta­tis­ti­ka para­me­trik dan sta­tis­ti­ka non-para­me­trik, ser­ta dapat mene­rapk­an rumus-rumus­nya untuk uji hipotesis/After stu­dying this sub­je­ct by lite­ra­tu­re revi­ew, discus­sion, giving an assig­nment, and data ana­lysis and descrip­tion exer­ci­se, stu­den­ts sho­u­ld be able to unders­tand: (1) data colle­cting and sam­pling, (2) vari­a­ble mea­su­re­ment sca­le, (3) descri­bing data, (4) mea­su­res of data and calcu­la­te seve­ral mea­su­res of data, (5) data dis­per­sions: z‑score, t‑score, chi-squ­a­re and F‑score and use the­se dis­per­sions in hypo­the­sis test, (6) con­di­tions of hypo­the­sis test, (7) cor­re­la­tion and regre­tion anf the­ir calcu­la­tions, (8) vari­an­ce ana­lysis and its use in hypo­the­sis test, (9) data ana­lysis using SPSS, (10) para­me­tric and non-para­me­tric sta­tis­tic and imple­ment the­ir for­mu­las in hypo­the­sis test

Daf­tar Pustaka/Refe­ren­ces

  1. Ari­kun­to, S. 2006. Meto­de Sta­tis­tik. Ban­dung: Tar­si­to.
  2. Pop­kam, W.J & Sirot­nik, K.A. 1995. Edu­ca­tio­nal Sta­tis­tic – Use & Interp­re­ta­tion. New York: Har­per & Raw
  3. Sudjana.2001. Tek­nik Ana­li­sis Regre­si dan  Kore­la­si. Ban­dung: Tar­si­to.
  4. Usm­an, H. 2003. Pengan­tar Sta­tis­ti­ka. Jakar­ta: Bumi Aksa­ra
  5. Walpo­le, R. E.1998. Pengan­tar Sta­tis­ti­ka (ter­je­mah­an). Jakar­ta: PT  Gra­me­dia .
  6. Walpo­le, R. E. & Myers, R.H.1995. Ilmu Pelu­ang dan Sta­tis­ti­ka untuk Insi­nyur dan Ilmu­w­an. Ban­dung: Pener­bit ITB Ban­dung.

Next Post

Matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia

Wed May 25 , 2016
Kom­pe­ten­si/Com­pe­ten­ci­es Memi­li­ki kemam­pu­an dalam: (1) mema­ha­mi hake­kat pene­li­ti­an seba­gai meto­de ilmi­ah,            (2) mema­ha­mi kedu­duk­an dan fung­si pene­li­ti­an seba­gai waha­na pengem­bang­an ilmu penge­ta­hu­an dan tek­no­lo­gi, dan untuk mene­muk­an solu­si atas masa­lah-masa­lah kema­nu­si­a­an dan pem­ba­ngun­an, (3) meng­i­den­ti­fi­ka­si dan meng­a­na­li­sis masa­lah pene­li­ti­an ber­da­sark­an rujuk­an yang relev­an dan muta­khir,  (4) meran­cang pene­li­ti­an sesu­ai dengan […]
Gedung Kimia

Kabar Lain

EnglishIndonesian