PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI HIDROLISIS GARAM PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-NUMBERED HEADS TOGETHER BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MALANG

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI HIDROLISIS GARAM PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-NUMBERED HEADS TOGETHER BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MALANG

 

Rachmasari Putri Anggini 1a,*, Endang Budiasih 2a, dan Evi Susanti 3a

a Pro­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang No 5 Malang Kode pos 65145

 *Cor­res­pon­ding author’s ema­il: rararachma06@gmail.com

ABSTRAK

    Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­a­na­li­sis (1) keter­lak­sa­na­an pro­ses pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E dan Lear­ning Cycle 5E-NHT, (2) ada tidak­nya per­be­da­an hasil bela­jar kog­ni­tif, (3) hasil bela­jar afek­tif dan (4) moti­va­si bela­jar anta­ra sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E dan sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E ber­pa­du Num­be­red Hea­ds Toge­ther (NHT) pada mate­ri hidro­li­sis garam. Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an pene­li­ti­an qua­sy expe­ri­men­tal design dengan post-test only con­trol gro­up design. Popu­la­si dalam pene­li­ti­an ini ada­lah sis­wa kelas XI MIA SMA Nege­ri 5 Malang semes­ter II tahun ajar­an 2014/ 2015 yang ter­di­ri dari 7 kelas. Pemi­lih­an kelas kon­trol dan eks­pe­ri­men dengan meng­gu­nak­an tek­nik clus­ter ran­dom sam­pling. Kelas XI MIA 2 ter­pi­lih seba­gai kelas eks­pe­ri­men (dibe­la­jark­an dengan Lear­ning Cycle 5E-NHT) dan kelas XI MIA 5 seba­gai kelas kon­trol (dibe­la­jark­an dengan Lear­ning Cycle 5E). Data hasil bela­jar kog­ni­tif sis­wa dia­na­li­sis seca­ra sta­tis­tik meng­gu­nak­an uji‑t semen­ta­ra data keter­lak­sa­na­an pro­ses pem­be­la­jar­an, nilai kuis, nilai hasil bela­jar afek­tif dan moti­va­si bela­jar sis­wa dia­na­li­sis seca­ra desk­rip­tif. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa (1) keter­lak­sa­na­an pro­ses pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-NHT pada kelas eks­pe­ri­men (95,4%) dan Lear­ning Cycle 5E pada kelas kon­trol (93,2%) ber­lang­sung sangat baik, (2) Ada per­be­da­an hasil bela­jar kog­ni­tif anta­ra sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-NHT dan dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E, dima­na nilai hasil bela­jar dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-NHT ( 90,7) lebih ting­gi dari­pa­da sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E (85,4), (3) Rata- rata hasil bela­jar afek­tif sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E – NHT (88,7) lebih ting­gi dari­pa­da sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E (84,4), (4) Moti­va­si bela­jar sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E – NHT (per­sen­ta­se dengan kri­te­ria sangat ter­mo­ti­va­si 57,6%) lebih ting­gi dari­pa­da sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E (per­sen­ta­se dengan kri­te­ria sangat ter­mo­ti­va­si 40,6%).

 

Kata kun­ci: Lear­ning Cycle 5E, Num­be­red Hea­ds Toge­ther, Hasil Bela­jar, Moti­va­si Bela­jar, Hidro­li­sis Garam

Next Post

Matakuliah Praktik Pengajaran Kimia

Wed May 25 , 2016
Kompetensi/ Com­pe­ten­ci­es Meran­cang dan melak­sa­nak­an per­ang­kat pem­be­la­jar­an kimia (Sila­bi, RPP, bah­an ajar, media pem­be­la­jar­an, instru­men peni­la­i­an), ser­ta mere­flek­si dan mem­per­ba­i­ki pem­be­la­jar­an yang telah dipraktikan/Desig­ning and imple­men­ting the lear­ning instru­men­ts (sylla­by, les­son plan, lear­ning mate­ri­als, media of lear­ning, assess­ment), and refle­cting & imp­ro­ving the lear­ning qua­li­ty. Bah­an Kajian/ Sub­je­ct Mat­ters Pro­se­dur […]
Gedung Kimia

Kabar Lain

EnglishIndonesian