Prospek dan Tantangan Instrumentasi Bimbingan dan Konseling Dalam Konteks Pendidikan

18 Mei 2016

Konselor

Malang-Kiner­ja kon­se­lor men­ja­min tum­buh subur­nya pro­fe­si Bim­bing­an dan Kon­se­ling (BK) dan mewu­judk­an pro­fe­si BK ber­mar­ta­bat. Ada tiga hal yang dapat men­ja­di tolak ukur­nya, yai­tu pela­yan­an ber­man­fa­at, pelak­sa­na ber­man­dat, dan penga­ku­an sehat.

Demi­ki­a­nlah seba­gi­an ring­kas­an dari Semi­nar Nasio­nal Ikat­an Instru­men­ta­si Bim­bing­an dan Kon­se­ling Indo­ne­sia (IIBKIN). Semi­nar nasio­nal yang meng­am­bil tema Pros­pek dan Tan­tang­an Instru­men­ta­si Bim­bing­an dan Kon­se­ling Dalam Kon­teks Pen­di­dik­an ini dilak­sa­nak­an pada 15 Mei 2016 ber­tem­pat di Aula Pasca­sar­ja­na Gedung H3 Lt 2 UM, dan dii­ku­ti oleh seki­tar 63 pema­ka­lah dari selu­ruh Indo­ne­sia.

Menu­rut ketua pani­tia, Yuli­a­ti Hoti­fah, S.Psi., M.Pd., , semi­nar nasio­nal ter­se­leng­ga­ra ber­kat ker­ja­sa­ma Pro­di BK Pasca­sar­ja­na UM dengan IIBKIN ini dila­tar­be­la­ka­ngi domi­nan­nya para­di­gma BK dan prak­tik ter­a­u­pe­u­tik lain­nya yang dewa­sa ini lebih ber­o­ri­en­ta­si pada penge­nal­an poten­si dan tugas per­kem­bang­an ser­ta peme­nuh­an tugas-tugas ter­se­but.

Alih-alih mem­be­rik­an layan­an kura­tif, pem­be­ri­an ban­tu­an lebih ber­o­ri­en­ta­si pada peme­nuh­an per­kem­bang­an seca­ra opti­mal seba­gai fokus pela­yan­an yang ber­fung­si men­ce­gah ter­ja­di­nya masa­lah.

Pelak­sa­na penga­dmi­nis­tra­si tes dan non tes untuk pema­ham­an indi­vi­du meng­ha­da­pi bebe­ra­pa isu, dian­ta­ra­nya batas kewe­nang­an, pelang­gar­an eti­ka per­tes­ting­an, dan sejum­lah mal-prak­tik lain­nya ter­ja­di dalam pela­yan­an ban­tu­an. Kom­pe­ten­si kon­se­lor dalam meng­em­bangk­an ber­a­gam instru­ment penge­nal­an poten­si sis­wa sangat diper­luk­an, sedangk­an kom­pe­ten­si kon­se­lor dalam penga­dmi­nis­tra­si­an tes dan peng­gu­na­an hasil tes untuk BK masih diperdebatkan,“jelasnya.

Pada papa­ran­nya, salah satu nara­sum­ber, Prof. Dr. Mungin Eddy Wibo­wo, M.Pd., Guru Besar BK UNNES  menyam­pa­ik­an bah­wa Kon­se­lor  dapat mewu­judk­an pro­fe­si yang ber­mar­ta­bat dan dapat mem­be­rik­an pela­yan­an yang ber­man­fa­at dalam mela­kuk­an kon­se­ling bila dapat diper­ca­ya. Apa­kah yang dila­kuk­an oleh kon­se­lor itu betul-betul ber­man­fa­at dida­sark­an pada eva­lu­a­si dan kom­pe­ten­si, sehing­ga dapat diper­ca­ya untuk men­ca­pai tuju­an klien/individu yang dila­ya­ni.

Kon­se­ling seba­gai sua­tu pro­fe­si yang sedang ber­kem­bang, para ang­go­ta pro­fe­si­nya  harus ber­u­sa­ha meme­nu­hi stan­dar pro­fe­si kon­se­lor agar kon­se­ling dapat mere­but keper­ca­ya­an publik (public trust) mela­lui pening­kat­an kiner­ja kon­se­lor dalam pela­yan­an kon­se­ling bermartabat.,“lanjutnya.

Kiner­ja kon­se­lor dalam mem­ban­tu indi­vi­du yang sedang dalam pro­ses per­kem­bang­an pri­ba­di, sosi­al, bela­jar dan karir dila­kuk­an mela­lui ber­ba­gai jenis layan­an dan per­lu didu­kung oleh ber­ba­gai kegi­at­an pen­du­kung bim­bing­an.

Menu­rut Prof Mungin, salah satu apli­ka­si kon­se­ling ada­lah apli­ka­si instru­men­ta­si BK, dima­na kegi­at­an pen­du­kung bim­bing­an dan kon­se­ling untuk meng­um­pulk­an data ten­tang diri kli­en dan ling­ku­ngan­nya mela­lui apli­ka­si ber­ba­gai instrument,baik test mau­pun non test.

Instru­ment tes dan non tes meng­ung­kapk­an kon­di­si dan masa­lah pri­ba­di, sosi­al, bela­jar, dan karir yang ben­tuk dan isi­nya ber­ma­cam-macam, seperti:tes inte­li­gen­si, tes bakat, inven­to­ri minat karir, inven­to­ri kre­a­ti­fi­tas, inven­to­ri kep­ri­ba­di­an self este­em, locus of con­trol, inven­to­ri hubung­an sosi­al, inven­to­ri tahap per­kem­bang­an, sosi­o­me­tri, alat ung­kap masa­lah, masa­lah bela­jar, tes hasil bela­jar, diag­nos­tic,  dan masa­lah-masa­lah lain­nya

Data hasil apli­ka­si instru­men­tal digu­nak­an  untuk mema­ha­mi kon­di­si kli­en seper­ti poten­si dasar, bakat dan minat, kon­di­si diri dan ling­kung­an, masa­lah yang dia­la­mi dan seba­gai­nya. Pema­ham­an yang dipe­ro­leh mela­lui data yang dimak­sudk­an itu digu­nak­an oleh kon­se­lor seba­gai bah­an per­tim­bang­an dalam upa­ya mem­ban­tu kli­en sesu­ai dengan kebu­tuh­an dan kemung­kin­an masa­lah-masa­lah yang dialaminya,“pungkasnya.

Penu­lis : Kau­tsar S
Edi­tor   : Moch. Sya­hri
Sum­ber: https://www.um.ac.id/

Next Post

Universitas Negeri Gororontalo (UNG) Selaraskan Susunan Statuta dengan UM

Wed May 18 , 2016
18 Mei 2016 Malang. Ber­tem­pat di Ruang Sidang Rek­to­rat Gedung A1 lan­tai 2 UM, Rek­tor dan bebe­ra­pa ang­go­ta rapim mene­ri­ma seka­li­gus menyam­but keda­tang­an tim penye­la­ras sta­tu­ta dari Uni­ver­si­tas Nege­ri Goron­ta­lo (UNG) yang ber­jum­lah 10 orang. Kun­jung­an per­wa­kil­an UNG pada 12 Mei 2016 ini dalam rang­ka stu­di ban­ding dan ber­dis­ku­si ter­ka­it […]
Universitas Negeri Gororontalo (UNG) Selaraskan Susunan Statuta dengan UM

Kabar Lain

EnglishIndonesian