DESAIN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP

DESAIN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP

Rini Nafsi­a­ti Astu­tia , Suyo­nob, Moha­mand Nurb

aPro­di Pen­di­dik­an Guru Madra­sah Ibti­da­i­yah (PGMI),

UIN MALIKI MALANG, Jal­an Gaja­ya­na 50 Malang

bPro­di S3 Pen­di­dik­an Sains, Uni­ver­si­tas Nege­ri Sura­ba­ya

Kam­pus Une­sa Ketin­tang Gedung K.9 Sura­ba­ya 60231

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: rini.nafsiati@gmail.com

ABSTRAK

Bebe­ra­pa pene­li­ti­an yang telah dila­kuk­an ten­tang pem­be­la­jar­an argu­men­ta­si pada pem­be­la­jar­an IPA dida­patk­an bah­wa pem­be­la­jar­an IPA yang meli­batk­an argu­men­ta­si dapat mening­katk­an kete­ram­pil­an argu­men­ta­si dan pema­ham­an kon­sep IPA sis­wa. Pene­li­ti­an ini digu­nak­an untuk mem­pe­ro­leh model pem­be­la­jar­an yang dapat mening­katk­an kete­ram­pil­an argu­men­ta­si dan pema­ham­an kon­sep IPA sis­wa SMP. Model yang dikem­bangk­an difo­kusk­an pada empat indi­ka­tor kete­ram­pil­an argu­men­ta­si, yai­tu (1) menen­tuk­an kla­im, (2) menun­jukk­an buk­ti yang men­du­kung kla­im, (3) menyu­sun alas­an, dan (4) menyu­sun kon­tra­ar­gu­men. Model pem­be­la­jar­an dide­sa­in ber­da­sark­an hasil stu­di lapang­an, pene­la­ah­an ter­ha­dap lite­ra­tur, dan diva­li­da­si oleh para pakar pem­be­la­jar­an IPA mela­lui kegi­at­an Focus Gro­up Discus­sion (FGD). Mela­lui kegi­at­an Focus Gro­up Discus­sion (FGD) dipe­ro­leh hasil, yai­tu (1) model pem­be­la­jar­an yang dikem­bangk­an dida­sa­ri oleh teo­ri bela­jar Pia­get, teo­ri kon­struk­ti­vis sosi­al Vygo­ts­ky, dan teo­ri kete­ram­pil­an argu­men­ta­si, (2) kegi­at­an guru dan sis­wa ter­di­ri dari lima tahap­an, yai­tu ori­en­ta­si, eks­plo­ra­si, pra­ar­gu­men, argu­men dan kon­tra­ar­gu­men, reflek­si dan (3) model pem­be­la­jar­an didu­kung dengan ling­kung­an bela­jar.

 

Kata kun­ci: model pem­be­la­jar­an, kete­ram­pil­an argu­men­ta­si, pema­ham­an

Next Post

Matakuliah Perkembangan Peserta Didik

Wed May 25 , 2016
Kompetensi/Com­pe­ten­ci­es Mema­ha­mi, meng­a­na­li­sis, dan meng­e­va­lu­a­si tahap­an per­kem­bang­an peser­ta didik baik seca­ra psi­ko­lo­gis mau­pun psi­ko­mo­tor dan impli­ka­si­nya dalam pelak­sa­na­an pem­be­la­jar­an dan penye­leng­ga­ra­an pendidikan/Unders­tan­ding, ana­lyzing, and eva­lu­a­ting the sta­ges of stu­den­ts deve­lo­pment in psycho­lo­gy and psycho­mo­to­ric aspe­cts and the­ir impli­ca­tions in lear­ning Bah­an Kajian/Sub­je­ct Mat­ters Indi­vi­du (karak­te­ris­tik dan per­be­da­an: pem­ba­wa­an, ketu­run­an, ling­kung­an, […]
Gedung Kimia

Kabar Lain