DESAIN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP
Rini Nafsiati Astutia , Suyonob, Mohamand Nurb
aProdi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI),
UIN MALIKI MALANG, Jalan Gajayana 50 Malang
bProdi S3 Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya
Kampus Unesa Ketintang Gedung K.9 Surabaya 60231
*Corresponding author’s Email: rini.nafsiati@gmail.com
ABSTRAK
Beberapa penelitian yang telah dilakukan tentang pembelajaran argumentasi pada pembelajaran IPA didapatkan bahwa pembelajaran IPA yang melibatkan argumentasi dapat meningkatkan keterampilan argumentasi dan pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian ini digunakan untuk memperoleh model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan argumentasi dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Model yang dikembangkan difokuskan pada empat indikator keterampilan argumentasi, yaitu (1) menentukan klaim, (2) menunjukkan bukti yang mendukung klaim, (3) menyusun alasan, dan (4) menyusun kontraargumen. Model pembelajaran didesain berdasarkan hasil studi lapangan, penelaahan terhadap literatur, dan divalidasi oleh para pakar pembelajaran IPA melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) diperoleh hasil, yaitu (1) model pembelajaran yang dikembangkan didasari oleh teori belajar Piaget, teori konstruktivis sosial Vygotsky, dan teori keterampilan argumentasi, (2) kegiatan guru dan siswa terdiri dari lima tahapan, yaitu orientasi, eksplorasi, praargumen, argumen dan kontraargumen, refleksi dan (3) model pembelajaran didukung dengan lingkungan belajar.
Kata kunci: model pembelajaran, keterampilan argumentasi, pemahaman