JURUSAN KIMIA UM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DENGAN INTEGRATED CHEMICAL LITERACY STRATEGY (ICLS)
Jurusan Kimia
[Oktavia Sulistina, S.Pd, M.Pd , Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D , Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed., Ph.D , Dr. Yahmin, S.Pd, M.Si]
3 Desember 2021
[Research]
SDG 4 , SDG 9
Tim Pendidikan Jurusan kimia Universitas Negeri Malang sukses kembangkan perangkat pembelajaran Integrated Chemical Literacy Strategy (ICLS) yaitu Perangkat Pembelajaran Termokimia. Perangkat ICLS ini dikembangkan pada bulan November 2021 oleh tim yang diketuai oleh Oktavia Sulistina, S.Pd, M.Pd. Pembelajaran ICLS dikembangkan karena memiliki karekteristik integrasi keterampilan literasi, berbasis inkuiri, pendekatan eksplisit-reflektif dan pendekatan kontekstual terkait konten dan terkait SSI.
Sesuai dengan Proses pengembangan perangkat Pembelajaran termokimia ini berfokus pada literasi kimia yang merupakan inovasi pembelajaran yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa yang mampu memecahkan masalah ilmiah dan mampu mengambil keputusan sosiosaintifik dan mampu berpartisipasi secara bertanggung jawab dalam kehidupan, dunia industry, dan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan inovasi perangkat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Pendidikan khusunya di bidang kimia.
Serangkaian produk dari hasil pengembangan pembelajaran ICLS yang dapat diaplikasikan oleh para pendidik khususnya bidang kimia yaitu (a) Rencana pelaksanaan perkuliahan (RPP), lembar kerja mahasiswa (LKM), dan instrumen untuk perkuliahan Kimia dasar pada topik Termokimia, (b) Video Selayang pandang pembelajaran ICLS, dan © Video penerapan pembelajaran ICLS. Ketiga produk tersebut memiliki kelayakan.