Matakuliah Perkembangan Peserta Didik

Kompetensi/Com­pe­ten­ci­es

Mema­ha­mi, meng­a­na­li­sis, dan meng­e­va­lu­a­si tahap­an per­kem­bang­an peser­ta didik baik seca­ra psi­ko­lo­gis mau­pun psi­ko­mo­tor dan impli­ka­si­nya dalam pelak­sa­na­an pem­be­la­jar­an dan penye­leng­ga­ra­an pendidikan/Unders­tan­ding, ana­lyzing, and eva­lu­a­ting the sta­ges of stu­den­ts deve­lo­pment in psycho­lo­gy and psycho­mo­to­ric aspe­cts and the­ir impli­ca­tions in lear­ning

Bah­an Kajian/Sub­je­ct Mat­ters

Indi­vi­du (karak­te­ris­tik dan per­be­da­an: pem­ba­wa­an, ketu­run­an, ling­kung­an, kep­ri­ba­di­an, moti­va­si); karak­te­ris­tik pebe­la­jar (bakat, gaya bela­jar, gaya kog­ni­tif, stra­te­gi kog­ni­tif, dan kesu­lit­an bela­jar); kece­rdas­an maje­muk; per­tum­buh­an dan per­kem­bang­an indi­vi­du; teo­ri-teo­ri per­kem­bang­an manu­sia; per­kem­bang­an sela­ma masa anak-anak dan rema­ja; tugas-tugas per­kem­bang­an, dan per­ma­sa­lah­an yang mung­kin tim­bul dalam pemenuh­an tugas per­kem­bang­an pada tahap-tahap per­kem­bang­an mulai dari masa kanak-kanak sam­pai rema­ja ser­ta impli­ka­si­nya dalam penye­leng­ga­ra­an pendidikan/The Cha­ra­cte­ris­tic of hum­an, lear­ners (talent, lear­ning styles, cog­ni­ti­ve style and stra­te­gy, and lear­ning diffi­cul­ty); mul­ti­ple inte­lli­gen­ci­es; indi­vi­du­al grow­th and deve­lo­pment; pro­blems and tasks deve­lo­pment from chi­ldren until ado­le­scent time and the­ir impli­ca­tions in edu­ca­tion

Tujuan/Obje­cti­ves

Sete­lah mem­pe­la­ja­ri tahap­an per­kem­bang­an peser­ta didik mela­lui tela­ah lite­ra­tur, dis­ku­si, tanya jawab, dan penu­gas­an, maha­sis­wa dapat: (1) men­je­lask­an karak­te­ris­tik peser­ta didik; (2) men­je­lask­an tahap­an per­kem­bang­an peser­ta didik dan impli­ka­si­nya dalam pelak­sa­na­an pem­be­la­jar­an dan penye­leng­ga­ra­an pen­di­dik­an; (3) menen­tuk­an ting­kat per­kem­bang­an peser­ta didik; dan (4) meng­i­den­ti­fi­ka­si per­ma­sa­lah­an peser­ta didik/After stu­dying the sta­ges of lear­ners deve­lo­pment by lite­ra­tu­re revi­ew, discus­sion, cate­chi­zing, giving an assig­nment, stu­den­ts sho­u­ld be able to: (1) expla­in the cha­ra­cte­ris­tic of lear­ners;  (2) expla­in the sta­ges of lear­ners deve­lo­pment and its impli­ca­tion in lear­ning and edu­ca­tion, (3) deter­mi­ne the level of lear­ners deve­lo­pment, and (4) iden­ti­fy the pro­blems of lear­ners deve­lo­pment

Daf­tar Pustaka/Refe­ren­ces

  1. Hur­lock. E.B. 1996. Psi­ko­lo­gi Per­kem­bang­an: Sua­tu Pen­de­kat­an Sepan­jang Ren­tang Kehi­dup­an. Edi­si Keli­ma. Jakar­ta: Erlang­ga
  2. Nur, M. 2001. Per­kem­bang­an sela­ma Anak-anak dan Rema­ja. Sura­ba­ya: Pusat Stu­di MIPA Seko­lah Une­sa
  3. Sla­vin, R.E. 2006. Edu­ca­tio­nal Psycho­lo­gy: The­ory and Pra­cti­ce 8thed. Bos­ton: Pear­son Edu­ca­tion
  4. Degeng, N.S. Teo­ri Pem­be­la­jar­an 1: Tak­so­no­mi vari­a­bel

Gard­ner, H. 2003. Kece­rdas­an Maje­muk: Teo­ri dalam Prak­tek (alih baha­sa oleh Ale­xan­der Sin­do­ro). Batam: Inte­rak­sa­ra.

Next Post

PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA KIMIA SMP/MTs KELAS VII BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Wed May 25 , 2016
PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA KIMIA SMP/MTs KELAS VII BERBASIS INKUIRI TERBIMBING   Ama­lia Cahya­ri­ni*, Der­ma­w­an Afan­dy, & Mun­tho­lib Jurus­an Kimia FMIPA Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang No. 5 Malang 65145 *Cores­pon­ding author: amaliacahyarini@gmail.com ABSTRAK              Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­em­bangk­an Buku Petun­juk Prak­ti­kum IPA Kimia kelas VII SMP/MTs ber­ba­sis […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian