Kompetensi/Competencies
Memahami, menganalisis, dan mengevaluasi tahapan perkembangan peserta didik baik secara psikologis maupun psikomotor dan implikasinya dalam pelaksanaan pembelajaran dan penyelenggaraan pendidikan/Understanding, analyzing, and evaluating the stages of students development in psychology and psychomotoric aspects and their implications in learning
Bahan Kajian/Subject Matters
Individu (karakteristik dan perbedaan: pembawaan, keturunan, lingkungan, kepribadian, motivasi); karakteristik pebelajar (bakat, gaya belajar, gaya kognitif, strategi kognitif, dan kesulitan belajar); kecerdasan majemuk; pertumbuhan dan perkembangan individu; teori-teori perkembangan manusia; perkembangan selama masa anak-anak dan remaja; tugas-tugas perkembangan, dan permasalahan yang mungkin timbul dalam pemenuhan tugas perkembangan pada tahap-tahap perkembangan mulai dari masa kanak-kanak sampai remaja serta implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan/The Characteristic of human, learners (talent, learning styles, cognitive style and strategy, and learning difficulty); multiple intelligencies; individual growth and development; problems and tasks development from children until adolescent time and their implications in education
Tujuan/Objectives
Setelah mempelajari tahapan perkembangan peserta didik melalui telaah literatur, diskusi, tanya jawab, dan penugasan, mahasiswa dapat: (1) menjelaskan karakteristik peserta didik; (2) menjelaskan tahapan perkembangan peserta didik dan implikasinya dalam pelaksanaan pembelajaran dan penyelenggaraan pendidikan; (3) menentukan tingkat perkembangan peserta didik; dan (4) mengidentifikasi permasalahan peserta didik/After studying the stages of learners development by literature review, discussion, catechizing, giving an assignment, students should be able to: (1) explain the characteristic of learners; (2) explain the stages of learners development and its implication in learning and education, (3) determine the level of learners development, and (4) identify the problems of learners development
Daftar Pustaka/References
- Hurlock. E.B. 1996. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
- Nur, M. 2001. Perkembangan selama Anak-anak dan Remaja. Surabaya: Pusat Studi MIPA Sekolah Unesa
- Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice 8thed. Boston: Pearson Education
- Degeng, N.S. Teori Pembelajaran 1: Taksonomi variabel
Gardner, H. 2003. Kecerdasan Majemuk: Teori dalam Praktek (alih bahasa oleh Alexander Sindoro). Batam: Interaksara.