Kompetensi/Competencies
Terampil mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis komputer dan non komputer/Skilled to develop based on computer and non-computer learning media for chemistry teaching.
Bahan Kajian/Subject Matters
Peranan media dalam pembelajaran kimia, dasar-dasar pengembangan media pembelajaran, prinsip-prinsip penggunaan media dalam pembelajaran kimia; pengembangan media visual (flash dan power point), pengembangan media audio-video, pengembangan bahan ajar berbasis web (e‑learning), pengembangan kit pembelajaran, dan pengembangan media grafis (gambar, model, dll)/The role of media in learning chemistry, principles of instructional media development, the principles of the use of media in learning chemistry; development of visual media (flash and power point), development of audio-video media, development of web-based teaching materials (e‑learning), development of learning kits, and development of graphic media (drawing, model, etc.).
Tujuan/Objectives
Setelah perkuliahan secara ekspositori, kerja kelompok dan mandiri, diskusi mahasiswa mampu merancang pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer dan non-komputer dan mempresentasikannya, dan terampil mengembangkannya untuk pengajaran kimia di sekolah/ By expository course, work of group, and discussion, students should be able to design the learning media based on computer and non-computer for chemistry teaching and present it, and skilled to develop it for chemistry teaching at school.
Daftar Pustaka/References
- Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Baba. 2003. Animasi Kartun dengan Flash MX. Jakarta: PT Gramedia.
- Latuheru, J. D. 1988. Media Pembelajaran dalam proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK.
- Pribadi, BA dan Rosita, T. 1998. Prospek Komputer sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Jurnal Studi Indonesia, Vol. 8, No.2: 105–119.
- Meyer, R.. 2009. Multimedia Learning. Yogyakarta. Pustaka Belajar