PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM SOLVING SERTA KEMAMPUAN BERFIKIR ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM SOLVING SERTA KEMAMPUAN BERFIKIR ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Ren­dy Pri­yas­mi­kaa, Suban­di, Aman San­to­so

Pro­gam Stu­di S2 Pen­di­dik­an Kimia, Pasca­sar­ja­na, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang
Jl. Sema­rang No.5, Malang, Jawa Timur

* Cor­res­pon­ding author’s ema­il: rendypriyasmika@gmail.com

ABSTRAK

Mate­ri kela­rut­an dan hasil kali kela­rut­an (Ksp) men­ca­kup kon­sep-kon­sep kimia yang ber­si­fat abs­trak dan mem­bu­tuhk­an kemam­pu­an ope­ra­si mate­ma­ti­ka, sehing­ga sis­wa SMA masih sering kesu­lit­an untuk meng­u­a­sa­i­nya. Semen­ta­ra itu pem­be­la­jar­an kimia sela­ma ini masih cen­de­rung meng­gu­nak­an meto­de cera­mah, sehing­ga kemam­pu­an ber­fi­kir ilmi­ah sis­wa ren­dah. Pem­be­la­jar­an seper­ti itu belum dapat men­do­rong sis­wa untuk meng­em­bangk­an Kemam­pu­an Ber­pi­kir Ilmi­ah (KBI) dan sis­wa meng­a­la­mi kesu­lit­an dalam mem­pe­la­ja­ri kon­sep-kon­sep mate­ri kela­rut­an dan hasil kali kela­rut­an (Ksp). Didu­ga meto­de pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing dan Pro­blem Solving dapat meng­a­ta­si per­ma­sa­lah­an ter­se­but. Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­u­ji : (1) per­ban­ding­an hasil bela­jar anta­ra sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan meto­de inku­i­ri ter­bim­bing diban­dingk­an dengan sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan meto­de Pro­blem Solving; (2) per­ban­ding­an hasil bela­jar anta­ra sis­wa yang mem­pu­nyai kemam­pu­an ber­pi­kir ilmi­ah ber­be­da, baik pada kelas yang dibe­la­jark­an dengan meto­de inku­i­ri ter­bim­bing mau­pun pada kelas yang dibe­la­jark­an dengan meto­de Pro­blem Solving.

Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an eks­pe­ri­men semu dengan desa­in fak­to­ri­al 2x2. Popu­la­si pene­li­ti­an ada­lah sis­wa kelas XI IPA SMA Nege­ri Pro­no­ji­wo Luma­jang. Sam­pel pene­li­ti­an ada­lah sis­wa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Nege­ri Pro­no­ji­wo Luma­jang yang diam­bil dengan tek­nik nonp­ro­ba­bi­li­ty sam­pling ber­da­sark­an kemam­pu­an awal yang sama. Skor KBI dikum­pulk­an meng­gu­nak­an tes ber­fi­kir ilmi­ah (TBI) yang diter­je­mahk­an dari Class­ro­om Test Of Sien­ti­fic Rea­so­ning (CTSR) yang disu­sun oleh Lawson. Tes ter­se­but ter­di­ri dari 24 item soal dengan nilai koe­fi­si­en reli­a­bi­li­tas sebe­sar 0,74. Data hasil bela­jar dipe­ro­leh dari tes kela­rut­an dan hasil kali kela­rut­an (Ksp) dengan 22 soal pilih­an gan­da dengan nilai koe­fi­si­en reli­a­bi­li­tas sebe­sar 0,71 dan vali­di­tas isi sebe­sar 93,17%. Ana­li­sis data meng­gu­nak­an uji ANOVA Two Ways pada taraf sig­ni­fi­kan­si 5%.

Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa (1) ada per­be­da­an hasil bela­jar anta­ra sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan meto­de pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing diban­dingk­an dengan sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan meto­de pem­be­la­jar­an Pro­blem Solving. Hasil bela­jar sis­wa pada kelas inku­i­ri ter­bim­bing lebih baik diban­dingk­an dengan kelas Pro­blem Solving; (2) ada per­be­da­an hasil bela­jar anta­ra sis­wa yang mem­pu­nyai kemam­pu­an ber­pi­kir ilmi­ah ber­be­da, baik pada kelas inku­i­ri ter­bim­bing mau­pun pada kelas Pro­blem Solving. Pada kelas inku­i­ri ter­bim­bing sis­wa dengan KBI ting­gi memi­li­ki nilai hasil bela­jar yang lebih ting­gi, teta­pi pada kelas Pro­blem Solving per­be­da­an KBI tidak mem­pe­nga­ru­hi hasil bela­jar.

Kata Kun­ci: inku­i­ri ter­bim­bing, pro­blem solving, kemam­pu­an ber­pi­kir ilmi­ah, hasil bela­jar.

Next Post

PENGARUH MULTI REPRESENTASI PADA METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Tue Jun 7 , 2016
PENGARUH MULTI REPRESENTASI PADA METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN Rizki Nur Ana­li­ta*), I Way­an Das­na**), & Aman San­to­so Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang no. 5 Malang 65145 * Cor­res­pon­ding author’s ema­il: *) rizki_analita@yahoo.com **) idasna@um.ac.id ABSTRAK Pene­li­ti­an yang […]
Logo SNKP

Kabar Lain