Universitas Negeri Malang Kukuhkan Prof. Habiddin, S.Pd., M.Pd., M.Si., Ph.D. sebagai Guru Besar dalam Asesmen Kimia

Malang – Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM) kem­ba­li menam­bah daf­tar guru besar­nya dengan pengu­kuh­an Prof. Habi­ddin, S.Pd., M.Pd., M.Si., Ph.D., seba­gai Guru Besar dalam bidang Ases­men Kimia di Depar­te­men Kimia, Fakul­tas Mate­ma­ti­ka dan Ilmu Penge­ta­hu­an Alam (FMIPA). Dalam pida­to pengu­ku­han­nya yang ber­ta­juk “Visu­a­li­sa­tion in Che­mis­try Tools for Che­mis­try Tea­ching and Assess­ment”, Prof. Habi­ddin meng­u­ra­ik­an kon­sep ino­va­tif untuk mening­katk­an pema­ham­an sis­wa dan maha­sis­wa dalam pem­be­la­jar­an kimia mela­lui pen­de­kat­an visu­a­li­sa­si.

Dalam pida­to­nya, Prof. Habi­ddin mene­kank­an pen­ting­nya visu­a­li­sa­si dalam mema­ha­mi kon­sep kimia, ter­u­ta­ma kare­na kimia memi­li­ki banyak rep­re­sen­ta­si sim­bo­lik atau “che­mi­cal langu­a­ge” yang mem­bu­tuhk­an kemam­pu­an ima­ji­na­si sis­wa untuk mem­ba­yangk­an kon­sep-kon­sep yang tidak tam­pak seca­ra lang­sung. Menu­rut­nya, visu­a­li­sa­si kimia yang efek­tif dapat mem­ban­tu sis­wa dan maha­sis­wa meng­in­terp­re­ta­si kon­sep kimia dengan lebih men­da­lam, baik mela­lui gam­bar mau­pun sim­bol yang relev­an dengan mate­ri yang dia­jark­an.

Kare­na ada­nya ben­tuk sim­bo­lik atau baha­sa kimia ini, sis­wa ditun­tut untuk mem­ba­yangk­an dan memvi­su­alk­an kon­sep-kon­sep yang tidak mudah dili­hat seca­ra kasat mata,” ujar Prof. Habi­ddin. Beli­au men­je­lask­an bah­wa visu­a­li­sa­si kon­sep kimia bagi sis­wa seko­lah mene­ngah ber­be­da dengan maha­sis­wa per­gu­ru­an ting­gi, sehing­ga mem­bu­tuhk­an pen­de­kat­an yang dise­su­a­ik­an dengan ting­kat pema­ham­an mere­ka.

Untuk men­ja­wab kebu­tuh­an ter­se­but, Prof. Habi­ddin meng­em­bangk­an meto­de pem­be­la­jar­an yang dise­but Picto­ri­al-based Lear­ning (PcBL), yang diran­cang untuk memfa­si­li­ta­si kemam­pu­an sis­wa dan maha­sis­wa dalam memvi­su­a­li­sa­sik­an kon­sep kimia. Dengan meto­de PcBL, sis­wa dapat lebih mudah mema­ha­mi reak­si kimia, struk­tur mole­kul, ser­ta kon­sep abs­trak lain­nya mela­lui rep­re­sen­ta­si visu­al yang seder­ha­na namun efek­tif.

Rek­tor Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang menyam­pa­ik­an apre­si­a­si atas kon­tri­bu­si Prof. Habi­ddin dalam dunia pen­di­dik­an kimia dan mene­gask­an bah­wa pengu­kuh­an ini meru­pak­an bagi­an dari komi­tmen UM untuk terus men­du­kung ino­va­si pem­be­la­jar­an dan pene­li­ti­an. “Pengu­kuh­an Prof. Habi­ddin seba­gai Guru Besar ada­lah buk­ti komi­tmen UM dalam mening­katk­an kua­li­tas pen­di­dik­an dan ases­men di bidang kimia,” ujar­nya.

Sela­in ber­per­an seba­gai dosen dan pene­li­ti di FMIPA, Prof. Habi­ddin dike­nal memi­li­ki dedi­ka­si ting­gi dalam pengem­bang­an ases­men ber­ba­sis visu­a­li­sa­si yang mam­pu meng­u­kur pema­ham­an kon­sep­tu­al sis­wa seca­ra lebih komp­re­hen­sif. Beli­au juga telah meng­ha­silk­an ber­ba­gai kar­ya ilmi­ah yang dia­kui di ting­kat nasio­nal mau­pun inter­na­sio­nal, yang men­ja­dik­an pen­de­kat­an PcBL seba­gai meto­de efek­tif dalam pem­be­la­jar­an kimia modern.

Dalam pida­to­nya, Prof. Habi­ddin meng­u­capk­an teri­ma kasih kepa­da UM, rek­an seja­wat, ser­ta kelu­ar­ga yang sela­lu men­du­kung per­ja­lan­an aka­de­mik­nya. Ia ber­ha­rap agar ino­va­si dalam pem­be­la­jar­an kimia ber­ba­sis visu­a­li­sa­si ini dapat diim­ple­men­ta­sik­an lebih luas di ber­ba­gai jen­jang pen­di­dik­an.

Kabar Lain

EnglishIndonesian