Karya Inovatif Produk Screen Cleaner Gadget Alami Ekstrak Kulit Apel Malang

SDG 1, SDG 3, SDG 8, SDG 9, SDG 14, SDG 17

Kem­bangk­an kre­a­ti­vi­tas ino­va­si mela­lui PKM-Kewi­ra­u­sa­ha­an, Maha­sis­wa Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM) yak­ni Ani­sa Okta­vi­a­na Putri, Putri Tirza Novi­ta, Nur Lai­la, Tita­nia Lafa­i­sa, dan Mis­ba­hul Anwar Rosyad. Diba­wah bim­bing­an Ibu Indah Nur Pra­mes­ti S.SI., M.Eng. mem­bu­at scre­en cle­a­ner ala­mi dari eks­trak kulit apel malang. Nama­nya Mal­scre­en Scre­en Cle­a­ner. 

Ting­gi­nya pro­duk­ti­vi­tas masya­ra­kat seka­rang dalam kese­ha­ri­an­nya tidak lepas dari gadget. Namun tidak diim­ba­ngi dengan mem­ber­sih­kan­nya. Bebe­ra­pa pro­duk scre­en cle­a­ner gadget masih meng­an­dung bah­an kimia yang bisa menye­babk­an koro­si dan iri­ta­si pada kulit sehing­ga ter­lin­tas ide untuk mem­bu­at pem­ber­sih layar ala­mi dan aman “Awal­nya ter­ins­pi­ra­si dari banyak­nya peng­gu­na gadget ter­u­ta­ma di area kam­pus dan seki­tar­nya. Lalu saya ajak tem­an-tem­an untuk mem­bu­at pem­ber­sih layar ala­mi dan sete­lah mem­ba­ca jur­nal, akhir­nya meman­fa­atk­an kulit apel malang jenis mana­la­gi seba­gai bah­an baku,” Jelas Ani­sa

Pro­duk ino­va­tif ini dibu­at kare­na poten­si buah apel yang ada di Malang. Bia­sa­nya di wila­yah Malang Raya keba­nyak­an apel diman­fa­atk­an untuk olah­an keri­pik buah apel. Sedangk­an kulit­nya hanya untuk pak­an ter­nak bahk­an dibu­ang. Sehing­ga mun­cul pelu­ang bis­nis guna mening­katk­an nilai eko­no­mis kulit apel malang seba­gai pro­duk scre­en cle­a­ner. Dalam kulit apel mana­la­gi meng­an­dung fla­vo­no­id sebe­sar 0,4 mg/g QE BB lebih ting­gi diban­dingk­an apel Malang jenis lain­nya yang mana dapat diman­fa­atk­an seba­gai anti­mik­ro­ba. Sehing­ga ter­cip­ta­lah pelu­ang bis­nis ino­va­tif yang didu­kung dengan sum­ber daya alam yang ada 

Diban­dingk­an pro­duk scre­en cle­a­ner lain­nya, MALSCREEN ung­gul dengan bah­an dasar ala­mi. Pro­duk­nya dibu­at dalam kemas­an poc­ket 30 mL yang dileng­ka­pi dengan lap pem­ber­sih ser­ta mudah untuk diba­wa. Sela­in itu juga dibu­at dalam kemas­an refi­ll 60 ml. Saat ini pro­duk dipa­sark­an lewat mar­ke­tpla­ce dan diti­tipk­an pada toko elek­tro­nik, toko oleh-oleh, ser­ta toser­ba di Malang raya.

MALSCEEN?! “Keep it gre­en, Keep it cle­an”

Next Post

<strong>International Competition berjudul 3-MINUTE IDEA PITCHING COMPETITION telah sukses diselenggarakan oleh UiTM Cawangan Negeri Sembilan di Aula FMIPA Universitas Negeri Malang<br><br>SDG 4, SDG 8</strong>

Sat Jul 27 , 2024
Aula FMIPA UM, 27 Agus­tus 2024 – Ber­tem­pat di Aula FMIPA Uni­ver­si­tas Malang (UM), pada tang­gal 27 Agus­tus 2024, Scho­ol of Che­mis­try and Envi­ro­nment, UiTM Cawang­an Nege­ri Sem­bil­an, menye­leng­ga­rak­an kom­pe­ti­si “3‑Minute Idea Pitching Com­pe­ti­tion” yang diha­di­ri oleh 10 maha­sis­wa dari depar­te­men kimia UM dan UiTM. Aca­ra ini ber­lang­sung dari pukul […]

Kabar Lain