Kuliah Tamu: “Riset Penelitian Pendidikan Kimia”

SDG 4, SDG 8, SDG 9, SDG 16, SDG 17

Pen­di­dik­an kimia di Indo­ne­sia meng­ha­da­pi tan­tang­an besar, ter­u­ta­ma dalam hal pening­kat­an kua­li­tas penga­jar­an dan pema­ham­an peser­ta didik ter­ha­dap kon­sep-kon­sep kimia yang kom­pleks. Untuk men­ja­wab tan­tang­an ini, Depar­te­men Kimia Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang meng­ge­lar kuli­ah tamu ber­te­ma “Riset Pene­li­ti­an Pen­di­dik­an Kimia” pada hari Kamis tang­gal 27 Juni 2024. Prof. Dr. Sc Anu­grah Ric­ky Wija­ya, S.Si., M.Sc., Ketua Depar­te­men Kimia Fakul­tas Mate­ma­ti­ka dan Ilmu Penge­ta­hu­an Alam Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang, men­je­lask­an tuju­an uta­ma dari kegi­at­an ini ada­lah untuk meng­eks­plo­ra­si dan mem­ba­has pene­li­ti­an-pene­li­ti­an ter­ki­ni di bidang pen­di­dik­an kimia. Dalam sam­bu­tan­nya, Prof. Ric­ky men­je­lask­an bah­wa dis­ku­si ini meru­pak­an bagi­an dari upa­ya untuk meng­in­te­gra­sik­an pemi­kir­an sis­te­mik dalam pengem­bang­an kuri­ku­lum dan meto­de penga­jar­an kimia dengan

Kegi­at­an kuli­ah tamu ini meng­ha­dirk­an Dr. Paed. Asih Widi Wisu­da­wa­ti, M.Pd. yang meru­pak­an seo­rang pene­li­ti pen­di­dik­an kimia yang mema­park­an ten­tang kon­sep Sys­tem Thin­king dan pene­ra­pan­nya dalam kon­teks pen­di­dik­an “How to infu­se Sys­tems Thin­king from IUPAC?”. Kegi­at­an ini dipan­du oleh Dr. Munzil, M.Si., Ketua Pro­gram Stu­di Pasca Sar­ja­na Pen­di­dik­an Kimia, seba­gai mode­ra­tor.

Dr. Paed Asih Widi Wisu­da­wa­ti memu­lai sesi dengan men­je­lask­an esen­si dari Sys­tem Thin­king. “Sys­tem Thin­king memung­kink­an kita untuk mema­ha­mi bagai­ma­na ber­ba­gai ele­men dalam pen­di­dik­an kimia saling ber­in­te­rak­si, sehing­ga kita dapat meran­cang stra­te­gi penga­jar­an yang lebih holis­tik dan efek­tif,” ujar Dr. Asih. Ia juga menyo­ro­ti pen­ting­nya pen­de­kat­an ini dalam meng­ha­da­pi tan­tang­an dalam pen­di­dik­an kimia, seper­ti kom­plek­si­tas kon­sep dan keter­ka­it­an antar topik.

Sesi kuli­ah tamu dii­si dengan pema­par­an dan dis­ku­si ber­ba­gai pene­li­ti­an ter­ki­ni yang mene­rapk­an Sys­tem Thin­king dalam pen­di­dik­an kimia. Bebe­ra­pa pene­li­ti­an yang diba­has meli­pu­ti:

  1. Peng­gu­na­an Sys­tem Thin­king dalam Penga­jar­an Kon­sep Mole­ku­ler: Pene­li­ti­an ini meng­eks­plo­ra­si bagai­ma­na pema­ham­an ten­tang inte­rak­si antar mole­kul dapat diting­katk­an dengan meng­gu­nak­an model sis­tem.
  2. Inte­gra­si Sys­tem Thin­king dalam Kuri­ku­lum Kimia Seko­lah Mene­ngah: Pene­li­ti­an ini mem­ba­has bagai­ma­na kuri­ku­lum yang diran­cang dengan pen­de­kat­an Sys­tem Thin­king dapat mem­ban­tu sis­wa meng­hu­bungk­an kon­sep-kon­sep kimia yang mere­ka pela­ja­ri.
  3. Eva­lu­a­si Pem­be­la­jar­an Ber­ba­sis Sys­tem Thin­king: Pene­li­ti­an ini mene­li­ti meto­de peni­la­i­an yang mem­per­tim­bangk­an kemam­pu­an sis­wa dalam meng­in­te­gra­sik­an dan mene­rapk­an ber­ba­gai kon­sep kimia seca­ra sis­te­mik.

Kuli­ah tamu ditu­tup apre­si­a­si kepa­da semua pihak yang ter­li­bat dan mene­kank­an bah­wa kola­bo­ra­si dan ino­va­si yang diha­silk­an dari dis­ku­si ini diha­rapk­an dapat mem­ba­wa dam­pak posi­tif dalam mening­katk­an kua­li­tas pen­di­dik­an kimia di Indo­ne­sia. Dengan sema­ngat baru dan wawas­an yang lebih men­da­lam, diha­rapk­an dapat mem­bu­ka jal­an bagi pening­kat­an riset dalam bidang pen­di­dik­an kimia.

Next Post

MAHASISWA UM KEMBANGKAN INOVASI EDU-KIT LAJU REAKSI KIMIA BERBASIS <em>SOCIOSCIENTIFIC ISSUES</em> TERINTEGRASI <em>AUGMENTED REALITY</em>

Fri Jun 28 , 2024
SDG 4, SDG 8, SDG 9, SDG 17 Kimia meru­pak­an mata pela­jar­an yang men­ja­di momok ter­be­sar bagi sis­wa mene­ngah di Indo­ne­sia. Hal ter­se­but dila­tar­be­la­ka­ngi oleh ter­ba­tas­nya alat ban­tu visu­al yang mema­dai dan kon­sep mate­ri yang abs­trak. Ditam­bah dengan meto­de pem­be­la­jar­an di Indo­ne­sia cen­de­rung ber­fo­kus pada penge­ta­hu­an teo­ri­tis yang belum sepe­nuh­nya […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian