Kompetensi/Competencies
Memahami statistik sebagai wahana pengolahan data numerik (kuantitatif), memahami fungsi dan manfaat statistik sebagai penunjang kegiatan penelitian, memahami sifat dan fungsi berbagai jenis statistik, terampil menggunakan berbagai prosedur statistik untuk mengolah data, dan memahami makna hasil olahan statistik/ Understanding the essence of statistic as a tool for numerical data or quantitative analysis, understanding the function of statistics in research; understanding the properties and functions of several procedures of statistics; being able to use various statistical procedures in data analysis and to interpret the results of statistical analysis.
Bahan Kajian/Subject Matters
Pengertian dan peranan statistik dan statistika; jenis data dan teknik pengumpulan data; penyajian data; ukuran statistik bagi data; distribusi peluang; pengujian hipotesis; uji kesamaan dua varian; perbandingan dua dan lebih dari dua rata-rata (uji‑z, uji‑t, anava); korelasi dan regresi; berbagai prosedur statistika non-parametrik; dan pengolahan data menggunakan program SPSS for windows./Definition and the roles of statistics; types of data; techniques of data collection; presentation of data; statitistics and parameters; distribution of chances; the testing of hypotheses; the homogeneity of variances of two distributions; comparison of two and more than two groups of scores (z, t and variance tets); correlation and regression; various procedures in non-parametric statistics; and data processing using SPSS for windows programes.
Tujuan/Objectives
Setelah mempelajari materi Statistika Kependidikan melalui studi literatur, diskusi dan tanya jawab, pemberian tugas, dan latihan pendeskripsian dan analisis data, mahasiswa dapat memahami tentang: (1) cara pengambilan sampel dan cara pengumpulan data, (2) skala pengukuran variabel, (3) cara penyajian/pendeskripsian data, (4) ukuran statistik bagi data dan menghitung bermacam-macam ukuran statistik bagi data, (5) beberapa macam bentuk sebaran, yang meliputi sebaran normal, sebaran z, sebaran t, sebaran khi kuadrat, dan sebaran F, serta menggunakan sebaran-sebaran itu untuk uji hipotesis, (6) syarat-syarat untuk uji hipotesis, (7) korelasi dan regresi serta dapat menghitungnya, (8) analisis variansi dan penggunaannya untuk uji hipotesis, (9) analisis data menggunakan program SPSS, (10) membedakan antara statistika parametrik dan statistika non-parametrik, serta dapat menerapkan rumus-rumusnya untuk uji hipotesis/After studying this subject by literature review, discussion, giving an assignment, and data analysis and description exercise, students should be able to understand: (1) data collecting and sampling, (2) variable measurement scale, (3) describing data, (4) measures of data and calculate several measures of data, (5) data dispersions: z‑score, t‑score, chi-square and F‑score and use these dispersions in hypothesis test, (6) conditions of hypothesis test, (7) correlation and regretion anf their calculations, (8) variance analysis and its use in hypothesis test, (9) data analysis using SPSS, (10) parametric and non-parametric statistic and implement their formulas in hypothesis test
Daftar Pustaka/References
- Arikunto, S. 2006. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
- Popkam, W.J & Sirotnik, K.A. 1995. Educational Statistic – Use & Interpretation. New York: Harper & Raw
- Sudjana.2001. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito.
- Usman, H. 2003. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara
- Walpole, R. E.1998. Pengantar Statistika (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia .
- Walpole, R. E. & Myers, R.H.1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Bandung: Penerbit ITB Bandung.