Saturday , 25 May 2019
Home » Pengaruh Penggunaan Study History Sheet (SHS) dan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri
Pengaruh Penggunaan Study History Sheet (SHS) dan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri
Pengaruh Penggunaan Study History Sheet (SHS) dan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri

Pengaruh Penggunaan Study History Sheet (SHS) dan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri

Pengaruh Penggunaan Study History Sheet (SHS) dan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri

Warastri Rezka Hardini1, Ridwan Joharmawan2, Yahmin3

Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang

Jalan Semarang No. 5, Malang 65145

E-mail1: wrhardini@gmail.com

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) dan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini membandingkan penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan SHS dan tanpa SHS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan SHSpada pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,523 dengan kriteria sedang. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 83,0 dan hasil belajar kelompok kontrol sebesar 79,2. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan SHS dan pembelajarn inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik.

 

Kata kunci:SHS, inkuiri terbimbing, hasil belajar

 

Abstract: The purpose of this study is to know the effect of using Study History Sheet (SHS) in guided inquiry learning toward students learning outcome in the topic of buffer solution. This study compared about application of guided inquiry learning with and without SHS. The result of the study showed that there was an effect of the use of SHS on the guided inquiry learning towards the students learning outcome with the value of correlation coefficient is 0,523 and the criteria is medium. The average cognitive learning outcomes of the experimental group was 83,0 and the controlled group was 79,2. This result suggested that there was an effect of using SHS and guided inquiry learning toward students learning outcome.

 

Key words: SHS, guided inquiry learning, learning outcome

 

Download Artikel