Pengaruh Penggunaan Study History Sheet (SHS) dan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri

Penga­ruh Peng­gu­na­an Stu­dy His­tory She­et (SHS) dan Pem­be­la­jar­an Inku­i­ri Ter­bim­bing pada Mate­ri Larut­an Penyang­ga ter­ha­dap Hasil Bela­jar Peser­ta Didik Kelas XI SMAN 1 Ple­mah­an Kedi­ri

Waras­tri Rezka Hardi­ni1, Ridw­an Johar­ma­w­an2, Yah­min3

Jurus­an Kimia, FMIPA, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jal­an Sema­rang No. 5, Malang 65145

E‑mail1: wrhardini@gmail.com

 

Abs­trak: Tuju­an pene­li­ti­an ini untuk meng­e­ta­hui penga­ruh peng­gu­na­an Stu­dy His­tory She­et (SHS) dan pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing ter­ha­dap hasil bela­jar peser­ta didik pada mate­ri larut­an penyang­ga. Pene­li­ti­an ini mem­ban­dingk­an pene­rap­an pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing dengan SHS dan tan­pa SHS. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa ada penga­ruh peng­gu­na­an SHSpada pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing ter­ha­dap hasil bela­jar peser­ta didik dengan koe­fi­si­en kore­la­si sebe­sar 0,523 dengan kri­te­ria sedang. Nilai rata-rata hasil bela­jar kelom­pok eks­pe­ri­men sebe­sar 83,0 dan hasil bela­jar kelom­pok kon­trol sebe­sar 79,2. Hal ini menun­jukk­an bah­wa ada penga­ruh peng­gu­na­an SHS dan pem­be­la­jarn inku­i­ri ter­bim­bing ter­ha­dap hasil bela­jar peser­ta didik.

 

Kata kun­ci:SHS, inku­i­ri ter­bim­bing, hasil bela­jar

 

Abs­tra­ct: The pur­po­se of this stu­dy is to know the effe­ct of using Stu­dy His­tory She­et (SHS) in gui­ded inqu­iry lear­ning towa­rd stu­den­ts lear­ning outco­me in the topic of buffer solu­tion. This stu­dy com­pa­red abo­ut appli­ca­tion of gui­ded inqu­iry lear­ning with and witho­ut SHS. The result of the stu­dy sho­wed that the­re was an effe­ct of the use of SHS on the gui­ded inqu­iry lear­ning towa­rds the stu­den­ts lear­ning outco­me with the value of cor­re­la­tion coe­ffi­ci­ent is 0,523 and the cri­te­ria is medi­um. The ave­ra­ge cog­ni­ti­ve lear­ning outco­mes of the expe­ri­men­tal gro­up was 83,0 and the con­tro­lled gro­up was 79,2. This result sug­ges­ted that the­re was an effe­ct of using SHS and gui­ded inqu­iry lear­ning towa­rd stu­den­ts lear­ning outco­me.

 

Key words: SHS, gui­ded inqu­iry lear­ning, lear­ning outco­me

 

Downlo­ad Arti­kel

EnglishIndonesian