Saturday , 25 May 2019
Home » Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Penugasan Secara Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Penugasan Secara Think Pair Share (TPS) dengan  Pemberian Advance Organizer (AO)
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Penugasan Secara Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Penugasan Secara Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Penugasan Secara Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)

Endang Budiasih, Dedek Sukarianingsih, M. Su’aidy, dan Ida Bagus

Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5, Malang, JawaTimur

e-mail: endang.budiasih.fmipa@um.ac.id

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran pada perkuliahan Pemisahan Kimia dari aspek kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas tiga siklus, dengan mengambil pokok bahasan Aspek Termodinamika Pemisahan, Distilasi dan Ekstraksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan Kimia yang  menempuh perkuliahan Pemisahan Kimia pada semester genap 2017-2018, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen pembelajaran, yaitu bahan ajar yang diwajibkan dan suplemen bahan ajar (handout). Instrumen pengukuran dibedakan menjadi dua macam, yaitu instrumen pengukuran kualitatif (lembar observasi), serta instrument pengukuran kuantitatif  (Lembar Kerja Mahasiswa dan tes tertulis). Data kuantitatif dikelompokkan berdasarkan rentangan skor tertentu, dan hasilnya disimpulkan berdasarkan patokan kemampuan yang berlaku di Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi TPS dengan pemberian Advance Organizer (AO) pada mata kuliah Pemisahan Kimia dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran ditinjau dari aspek kualitatif maupun kuantitatif. Secara kualitatif peningkatan itu dapat diketahui dari kemampuan kooperatif mahasiswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Indikator peningkatan tersebut dapat dilihat dari aspek-aspek saling ketergantungan yang positif , interaksi langsung antar mahasiswa, pertanggungjawaban individu, dan keterampilan berinteraksi antar individu dan kelompok. Secara kuantitatif dapat diketahui dari penilaian aspek kognitif, yaitu hasil Lembar Kerja Mahasiswa dan hasil ujian pada pokok bahasan Aspek Termodinamika Pemisahan, Distilasi dan Ekstraksi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan telah terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa siklus demi siklus.

 

Katakunci: think-pair-share (TPS), advancedorganizer (AO), pemisahan kimia

 

Download Artikel