Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Penugasan Secara Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)

Pening­kat­an Kua­li­tas Pem­be­la­jar­an Mata­ku­li­ah Pemi­sah­an Kimia mela­lui Stra­te­gi Penu­gas­an Seca­ra Think Pair Sha­re (TPS) dengan Pem­be­ri­an Advan­ce Orga­ni­zer (AO)

Endang Budi­a­sih, Dedek Suka­ri­a­ning­sih, M. Su’aidy, dan Ida Bagus

Jurus­an Kimia FMIPA Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang 5, Malang, Jawa­Ti­mur

e‑mail: endang.budiasih.fmipa@um.ac.id

 

Abs­trak: Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­e­ta­hui pening­kat­an kua­li­tas pem­be­la­jar­an pada per­ku­li­ah­an Pemi­sah­an Kimia dari aspek kua­li­ta­tif mau­pun kuan­ti­ta­tif. Pene­li­ti­an ini diran­cang seba­gai pene­li­ti­an tin­dak­an kelas tiga siklus, dengan meng­am­bil pokok bahas­an Aspek Ter­mo­di­na­mi­ka Pemi­sah­an, Dis­ti­la­si dan Eks­trak­si. Subyek pene­li­ti­an ada­lah maha­sis­wa S1 Pen­di­dik­an Kimia yang  menem­puh per­ku­li­ah­an Pemi­sah­an Kimia pada semes­ter genap 2017–2018, dengan jum­lah maha­sis­wa seba­nyak 36 orang. Instru­men pene­li­ti­an ter­di­ri dari instru­men pem­be­la­jar­an, yai­tu bah­an ajar yang diwa­jibk­an dan suple­men bah­an ajar (han­do­ut). Instru­men pengu­kur­an dibe­dak­an men­ja­di dua macam, yai­tu instru­men pengu­kur­an kua­li­ta­tif (lem­bar obse­rva­si), ser­ta instru­ment pengu­kur­an kuan­ti­ta­tif  (Lem­bar Ker­ja Maha­sis­wa dan tes ter­tu­lis). Data kuan­ti­ta­tif dike­lom­pokk­an ber­da­sark­an ren­tang­an skor ter­ten­tu, dan hasil­nya disim­pulk­an ber­da­sark­an patok­an kemam­pu­an yang ber­la­ku di Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa Stra­te­gi TPS dengan pem­be­ri­an Advan­ce Orga­ni­zer (AO) pada mata kuli­ah Pemi­sah­an Kimia dapat mening­katk­an kua­li­tas pro­ses pem­be­la­jar­an ditin­jau dari aspek kua­li­ta­tif mau­pun kuan­ti­ta­tif. Seca­ra kua­li­ta­tif pening­kat­an itu dapat dike­ta­hui dari kemam­pu­an koo­pe­ra­tif maha­sis­wa dalam menye­le­sa­ik­an tugas yang dibe­rik­an. Indi­ka­tor pening­kat­an ter­se­but dapat dili­hat dari aspek-aspek saling keter­gan­tung­an yang posi­tif , inte­rak­si lang­sung antar maha­sis­wa, per­tang­gu­ngja­wab­an indi­vi­du, dan kete­ram­pil­an ber­in­te­rak­si antar indi­vi­du dan kelom­pok. Seca­ra kuan­ti­ta­tif dapat dike­ta­hui dari peni­la­i­an aspek kog­ni­tif, yai­tu hasil Lem­bar Ker­ja Maha­sis­wa dan hasil uji­an pada pokok bahas­an Aspek Ter­mo­di­na­mi­ka Pemi­sah­an, Dis­ti­la­si dan Eks­trak­si. Ber­da­sark­an hasil ana­li­sis data, dapat disim­pulk­an telah ter­ja­di pening­kat­an kemam­pu­an maha­sis­wa siklus demi siklus.

 

Kata­kun­ci: think-pair-sha­re (TPS), advan­ce­dor­ga­ni­zer (AO), pemi­sah­an kimia

 

Downlo­ad Arti­kel

EnglishIndonesian