NGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA-KIMIA SMP BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA-KIMIA SMP BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

 

Parl­an*a dan I Way­an Das­na a

a Jurus­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang 5 Malang 65145  

* Cor­res­pon­ding author’s ema­il: parlan.fmipa@um.ac.id

 

ABSTRAK

 Mulai tahun 2013 peme­rin­tah Indo­ne­sia mela­lui kemen­te­ri­an Pen­di­dik­an dan Kebu­da­ya­an mene­rapk­an Kuri­ku­lum 2013 yang meru­pak­an per­ba­ik­an dari Kuri­ku­lum Ting­kat Satu­an Pen­di­dik­an (KTSP). Salah satu per­be­da­an men­da­sar anta­ra Kuri­ku­lum 2013 dengan kuri­ku­lum sebe­lum­nya ada­lah pada stan­dar pro­ses, yang meng­a­ma­natk­an digu­na­kan­nya Pen­de­kat­an Sain­ti­fik (sci­en­ti­fic app­ro­a­ch). Untuk men­du­kung pelak­sa­na­an Kuri­ku­lum 2013 diper­luk­an ada­nya bah­an ajar yang penya­ji­an mate­ri­nya ter­gam­bar lang­kah-lang­kah pem­be­la­jar­an yang men­du­kung pen­de­kat­an sain­ti­fik. Salah satu model pem­be­la­jar­an yang dapat digu­nak­an seba­gai dasar pengem­bang­an bah­an ajar yang men­du­kung pen­de­kat­an sain­ti­fik ada­lah model pem­be­la­jar­an lear­ning cycle 3‑E. Tuju­an pene­li­ti­an ini ada­lah meng­em­bang­an bah­an ajar IPA-Kimia yang dapat digu­nak­an untuk pem­be­la­jar­an IPA di SMP/MTs sesu­ai Kuri­ku­lum 2013 dan meng­e­ta­hui efek­ti­vi­tas­nya dalam pem­be­la­jar­an di kelas.

Model pene­li­ti­an ini meru­pak­an pene­li­ti­an pengem­bang­an. Pro­se­dur pene­li­ti­an pengem­bang­an ini meng­a­dap­ta­si model pengem­bang­an Thi­a­ga­raj­an, Sem­mel, dan Sem­mel (1974) yak­ni four D model atau model 4‑D. Model ini ter­di­ri dari 4 tahap pengem­bang­an yai­tu: Defi­ne (pen­de­fi­ni­si­an), Design (per­an­cang­an), Deve­lop (pengem­bang­an) dan Dis­se­mi­na­te (penye­bar­an). Draf hasil pengem­bang­an diva­li­da­si oleh 4 vali­da­tor ahli meng­gu­nak­an intru­men vali­da­si. Data hasil vali­da­si ter­di­ri dari dua jenis, yai­tu data kuan­ti­ta­tif dan kua­li­ta­tif. Uji efek­ti­vi­tas bah­an ajar alam pem­be­la­jar­an dila­kuk­an dengan meto­de eks­pe­ri­men.

Hasil pengem­bang­an ber­u­pa bah­an ajar IPA-Kimia ber­ba­sis Lear­ning Cycle 3‑E dengan mema­sukk­an kom­po­nen-kom­po­nen pen­de­kat­an sain­ti­fik untuk SMP/ MTs. Bah­an ajar sis­wa ter­di­ri dari 3 bagi­an yai­tu (1) pen­da­hu­lu­an, (2) bagi­an isi, dan (3) penu­tup. Bagi­an pen­da­hu­lu­an ter­di­ri dari bebe­ra­pa kom­po­nen yai­tu (1) halam­an sam­pul (cover), (2) kata pengan­tar, (3) daf­tar isi, (4) daf­tar gam­bar, (5) daf­tar tabel, dan (6) petun­juk peng­gu­na­an bah­an ajar. Bagi­an isi bah­an ajar ber­i­si ura­i­an mate­ri yang disa­jik­an dengan dengan lang­kah-lang­kah pem­be­la­jar­an dalam model Lear­ning Cycle 3‑E dengan mema­sukk­an kom­po­nen-kom­po­nen pen­de­kat­an sain­ti­fik. Pada seti­ap akhir bab dileng­ka­pi dengan eva­lu­a­si untuk meng­u­kur pengu­a­sa­an peser­ta didik ter­ha­dap isi bah­an ajar yang dipe­la­ja­ri. Buku Pan­du­an Guru (Buku Guru) ber­i­si (1) petun­juk peng­gu­na­an bah­an ajar, (2) tin­ja­u­an kom­pe­ten­si inti dan kom­pe­ten­si dasar, (3) pan­du­an pelak­sa­na­an pem­be­la­jar­an yang diser­tai dengan pan­du­an peni­la­i­an aspek kog­ni­tif, afek­tif dan psi­ko­mo­tor, (4) sila­bus, (5) Ren­ca­na Pelak­sa­na­an Pem­be­la­jar­an (RPP), ser­ta (6) kisi-kisi soal ulang­an hari­an. Hasil vali­da­si bah­an ajar menun­jukk­an kri­te­ria kela­yak­an sebe­sar 80,9% (buku sis­wa) dan 83,5%  (buku pan­du­an guru) dengan kri­te­ria sangat layak. Hasil imple­men­ta­si bah­an ajar dalam pem­be­la­jar­an IPA menun­jukk­an bah­wa bah­an ajar hasil pengem­bang­an dapat mening­katk­an hasil bela­jar kog­ni­tif, afek­tif, dan psi­ko­mo­tor sis­wa. Dengan demi­ki­an dapat disim­pulk­an bah­wa bah­an ajar yang dikem­bangk­an ini sangat layak pada ber­ba­gai kri­te­ria sehing­ga dapat diim­ple­men­ta­sik­an dalam pro­ses pem­be­la­jar­an IPA SMP/MTs sesu­ai Kuri­ku­lum 2013.

 Kata kun­ci: bah­an ajar, lear­ning cycle, IPA-Kimia, hasil bela­jar.

Next Post

PENGEMBANGAN MODEL LEMBAR KERJA SISWA DENGAN ALUR PENALARAN INDUKTIF UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMA SEMESTER 1

Wed May 25 , 2016
PENGEMBANGAN MODEL LEMBAR KERJA SISWA DENGAN ALUR PENALARAN INDUKTIF UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMA SEMESTER 1 Abu­da­rina,* dan Sri Wahyu­ta­mia a Pro­di Pen­di­dik­an Kimia Uni­ver­si­tas Palang­ka Raya Jl. Yos Sudar­so Palang­ka Raya 73112  *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: salsabilaasri@gmail.com   ABSTRAK  Para­di­gma baru pem­be­la­jar­an meng­hen­da­ki sis­wa mam­pu meng­kon­struk­si sen­di­ri penge­ta­hu­an yang […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian