PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN REAL LABORATORY DAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN AWAL BERBEDA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN REAL LABORATORY DAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN AWAL BERBEDA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Mawa­da­tur Roh­mah, S.Pd. *, Prof. Suha­di Ibnu, M.A., Ph.D., & Dr. Endang Budi­a­sih, M.S.

Pro­gram Stu­di S2 Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang No.5, 65145

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: mawmaumaw@yahoo.co.id

 

ABSTRAK

 

Kese­tim­bang­an kimia meru­pak­an salah satu mate­ri kimia yang dipe­la­ja­ri di SMA kelas XI. Dalam mate­ri ini, ter­da­pat bebe­ra­pa kon­sep yang diang­gap sulit oleh peser­ta didik. Fak­ta ada­nya kon­sep sulit ini­lah yang mem­bu­at mate­ri kese­tim­bang­an kimia harus disam­pa­ik­an meng­gu­nak­an model dan media pem­be­la­jar­an yang tepat sehing­ga peser­ta dapat mema­ha­mi kon­sep dengan baik. Pada pene­li­ti­an ini digu­nak­an model pem­be­la­jar­an lear­ning cycle 5E meng­gu­nak­an real labo­ra­tory dan vir­tu­al labo­ra­tory untuk mening­katk­an pema­ham­an kon­sep peser­ta didik. Fak­tor lain yang mem­pe­nga­ru­hi pema­ham­an kon­sep peser­ta didik ada­lah kemam­pu­an awal. Kemam­pu­an awal diang­gap ber­pe­nga­ruh ter­ha­dap pema­ham­an kon­sep peser­ta didik kare­na penge­ta­hu­an dan penga­lam­an yang dipe­ro­leh peser­ta didik sebe­lum­nya dapat dija­dik­an seba­gai dasar dalam mem­pe­la­ja­ri hal-hal baru. Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­e­ta­hui per­be­da­an pema­ham­an kon­sep peser­ta didik yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an lear­ning cycle 5E (LC 5E) meng­gu­nak­an real labo­ra­tory dan vir­tu­al labo­ra­tory dengan kemam­pu­an awal ber­be­da pada mate­ri kese­tim­bang­an kimia. Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an pene­li­ti­an eks­pe­ri­men semu Facto­ri­a­li­zed (2x2) Ver­sion of Non-equ­i­va­lent Design. Pengam­bil­an sam­pel dila­kuk­an dengan tek­nik ava­li­bi­li­ty sam­pling atau con­ve­ni­en­ce sam­pling. Sam­pel pene­li­ti­an ini ada­lah sis­wa SMA Nege­ri 2 Malang kelas XI MIA 4 (25 peser­ta didik) yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an LC 5E meng­gu­nak­an real labo­ra­tory dan XI MIA 5 (25 peser­ta didik) yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an LC 5E meng­gu­nak­an vir­tu­al labo­ra­tory. Instru­men yang digu­nak­an ber­u­pa instru­men per­la­ku­an yang ter­di­ri dari RPP dan bah­an ajar, dan instru­men pengu­kur­an ber­u­pa tes pema­ham­an kon­sep yang ter­di­ri dari 29 soal pilih­an gan­da dengan kri­te­ria valid dan reli­a­bi­li­tas sebe­sar 0,740. Ana­li­sis data dila­kuk­an dengan ana­li­sis vari­an dua jalur (Two Way Ano­va). Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa (1) tidak ada per­be­da­an pema­ham­an kon­sep peser­ta didik yang memi­li­ki kemam­pu­an awal ting­gi dan kemam­pu­an awal ren­dah yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an LC 5E meng­gu­nak­an real labo­ra­tory dan vir­tu­al labo­ra­tory. Namun hasil per­ban­ding­an per­o­leh­an nilai rata-rata pema­ham­an kon­sep menun­jukk­an bah­wa peser­ta didik yang memi­li­ki kemam­pu­an awal ting­gi yang dibe­la­jark­an meng­gu­nak­an real labo­ra­tory memi­li­ki nilai lebih ting­gi dari­pa­da yang meng­gu­nak­an vir­tu­al labo­ra­tory, sedangk­an peser­ta didik yang memi­li­ki kemam­pu­an awal ren­dah yang dibe­la­jark­an meng­gu­nak­an vir­tu­al labo­ra­tory memi­li­ki nilai lebih ting­gi dari­pa­da yang meng­gu­nak­an real labo­ra­tory. (2) tidak ter­da­pat inte­rak­si anta­ra kemam­pu­an awal peser­ta didik dengan model pem­be­la­jar­an ter­ha­dap pema­ham­an kon­sep peser­ta didik pada mate­ri kese­tim­bang­an kimia.

 

Kata kun­ci : lear­ning cycle 5E, real labo­ra­tory, vir­tu­al labo­ra­tory, pema­ham­an kon­sep, kemam­pu­an awal.

Next Post

KETERLAKSANAAN COMMUNITY OF INQUIRY (COI) PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI BLENDED LEARNING PADA MATERI KIMIA ANALISIS KUANTITATIF

Thu May 26 , 2016
KETERLAKSANAAN COMMUNITY OF INQUIRY (COI) PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI BLENDED LEARNING PADA MATERI KIMIA ANALISIS KUANTITATIF Moham­mad Alex Firda­us*, Sur­ja­ni Wono­ra­ha­rdjo, dan Munzil Arif aPasca­sar­ja­na Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM) Jl. Sema­rang 5 Malang (Gedung H) 65145  *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: mohammad.alex.firdaus@gmail.com ABSTRAK   Tuju­an dari pene­li­ti­an ini ada­lah untuk meng­e­ta­hui keter­lak­sa­na­an […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian