ISLAM NUSANTARA

17 Mei 2016

Semi­nar Nasio­nal Islam Nusan­ta­ra: “Mene­guhk­an Mode­ra­tis­me dan Meng­i­kis Eks­tre­mis­me dalam Kehi­dup­an Ber­ga­ma” dise­leng­grak­an oleh Pusat Pengem­bang­an Kehi­dup­an Ber­a­ga­ma (P2KB), Lem­ba­ga Pengem­bang­an Pen­di­dik­an dan Pem­be­la­jar­an (LP3), Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM) pada hari Sab­tu, 13 Febru­a­ri 2016; Wak­tu: pukul 07.30—17.00 wib; Tem­pat: Aula Uta­ma Gedung A3 UM, lan­tai II; Nara­sum­ber I: Prof. Dr. Har­yo­no, M.Pd, Wakil Rek­tor I Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM); Nara­sum­ber II, K.H. Mif­ta­hul Achyar ; Nara­sum­ber III, K.H. Muham­mad Najih Mai­mo­en.

Ope­ning Cere­mony
1. Pem­bu­ka­an
2. Tila­wa­til Qur’an
3. Menya­nyik­an lagu Indo­ne­sia Raya
4. Lapor­an dan Sam­but­an
5. Penu­tup.

Lapor­an Ketua LP3 UM
Dr. H. Sul­ton, M.Pd dalam lapo­ran­nya menyam­pa­ik­an bah­wa tema semi­nar nasio­nal: “Mene­guhk­an Mode­ra­tis­me dan Meng­i­kis Eks­tre­mis­me dalam Kehi­dup­an Ber­a­ga­ma” ada­lah mena­rik. Meng­a­pa mena­rik? Kare­na popu­la­ri­tas dan nuan­sa dari tema ter­se­but telah digu­lirk­an seba­gai tema kun­ci dalam Muk­ta­mar Nahdla­tul Ula­ma (NU) Ke-33 di Jom­bang Jawa Timur pada awal Agus­tus 2015. Mes­ki­pun lahir dari NU, namun telah men­jel­ma men­ja­di isue nasio­nal yang diper­bin­cangk­an seca­ra luas. Isti­lah Islam Nusan­ta­ra men­ja­di pole­mik, ter­ja­di pro dan kon­tra di kalang­an umat Islam. Oleh sebab itu, dalam pelak­sa­na­an semi­nar nasio­nal dan bathsul masa­il ini diha­rapk­an ada titik temu dan meng­ha­silk­an sesu­a­tu yang ber­man­fa­at bagi kehi­dup­an ber­a­ga­ma di nega­ra kita.

Dalam kesem­pat­an itu beli­au mela­pork­an bah­wa kegi­at­an semi­nar nasio­nal dan bathsul masa­il dii­ki­tu­ti oleh peser­ta 333 orang dengan rin­ci­an: 1) pen­daf­tar onli­ne dan offli­ne = 195 orang, 2) Pengu­rus NU Wila­yah Jawa Timur = 28 orang, 3) Pengu­rus NU Cabang se-Jatim = 90 orang, dan 4) sepu­luh pon­dok pesan­tren di Jatim yang ter­pi­lih = 20 orang. Ada­pun jum­lah maka­lah semi­nar nasio­nal yang disa­jik­an ada­lah 34 judul.

Sam­but­an Rek­tor UM
Prof. Dr. Ach. Rofi’uddin, M.Pd dalam sam­bu­tan­nya meng­a­tak­an: Apa yang mem­ben­tuk radi­ka­lis­me ini? Ter­ka­it dengan per­ta­nya­an ter­se­but, bebe­ra­pa saat yang lalu beli­au meng­ha­di­ri per­te­mu­an para rek­tor dan ketua Lem­ba­ga Pen­di­dik­an Tena­ga Kepen­di­dik­an (LPTK) dengan Men­te­ri Bap­pe­nas, Sofy­an Dja­lil. Inti papar­an dari Men­te­ri Bap­pe­nas , ter­nya­ta ter­o­ris­me dan radi­ka­lis­me ada­lah pro­duk dari kelu­ar­ga , dari seko­lah dan dari masya­ra­kat.

Meng­a­pa bisa begi­tu? Bukan­kah kelu­ar­ga dan seko­lah meng­i­ngink­an agar anak-anak men­ja­di orang yang baik? Dalam kelu­ar­ga anak dibu­ly, anak sela­lu dita­kut-taku­ti dan sete­rus­nya, yang ujung­nya menum­puk men­ja­di sebu­ah masa­lah bagi anak. Ditam­bah seko­lah juga mem­be­ri kon­tri­bu­si. Di seko­lah anak tidak dihar­gai dan sete­rus­nya. Anak men­ja­di stres, dan akhir­nya mela­hirk­an ber­ba­gai ben­tuk tin­dak keke­ras­an.

ISLAM_NUSANTARA-340x255

Pema­par­an Mate­ri oleh Nara­sum­ber I

Prof. Dr. Har­yo­no, M.Pd dalam maka­lah­nya yang ber­ju­dul “Mema­ha­mi Islam Nusan­ta­ra dalam Kon­teks Kein­do­ne­si­a­an (Sosi­al-His­to­ris)” meng­u­las bebe­ra­pa hal seper­ti ber­i­kut.

Rea­li­tas Nusan­ta­ra
• Rea­li­tas geo­gra­fis yang ada di Nusan­ta­ra cukup ber­a­gam
• Kon­di­si Flo­ra dan Satwa di Indo­ne­sia sangat ber­a­gam
• Manu­sia yang tum­buh dan ber­kem­bang di Indo­ne­sia cukup ber­a­gam
• Aga­ma dan kebu­da­ya­an yang ber­kem­bang di Indo­ne­sia tidak tung­gal

Masuk­nya Islam ke Nusan­ta­ra
• Wak­tu: masuk, abad ke 7 atau 13? Seba­gai sua­tu ren­tang wak­tu, cukup kom­pleks.
• Aktor: Orang dari Timur Tengah, Guja­rat atau orang Indo­ne­sia sen­di­ri?
• Geo­gra­fis: Wila­yah mana yang per­ta­ma kali meng­e­nal dan wila­yah mana yang lebih inten­sif?
• Masuk­nya Islam di Nusan­ta­ra tidak mera­ta dan ter­ja­di dalam wak­tu yang ber­sa­ma­an.

Cara Pan­dang
• Islam menya­tu dengan kebu­da­ya­an Arab —-> Cen­trum ‑Peri-peri
• Islam ber­be­da dengan kebu­da­ya­an Arab —-> Subyek ‑Subyek
• Islam ber­in­te­rak­si dengan pel­ba­gai buda­ya lokal?
• Islam ter­ka­it dengan keku­a­sa­an poli­tik?
• Islam lebih ter­ka­it dengan kebu­da­ya­an?
• Ter­ja­di per­e­but­an hege­mo­ni ten­tang masa lalu yang poten­si­al ter­ja­di­nya peng­gu­na­an dan penya­la­hgu­na­an seja­rah.
• Seja­rah Islam seba­gai aktu­a­li­sa­si “his­to­ri­cal resen­tment” dan “his­to­ri­cal reve­nge” atau “inte­gra­ting factor” dan “com­mon des­tiny”.

Dam­pak
• Islam seba­gai per­u­sak tatan­an yang sudah ada,
• Islam memu­su­hi kebu­da­ya­an yang sudah ada.
• Islam mera­wat dan mere­vi­ta­li­sa­si kehi­dup­an di Nusan­ta­ra.
• Islam seba­gai fak­tor inte­gra­si masya­ra­kat Nusan­ta­ra.
• Islam seba­gai sara­na libe­ra­si dan huma­ni­sa­si.
• Islam men­ja­di ener­gi reju­vi­na­si per­a­dab­an Nusan­ta­ra.

Tiga Pan­dang­an Seja­rah
• Ren­tang seja­rah Islam men­ja­di sua­tu “keter­pu­tus­an” dengan masa lalu Nusan­ta­ra (C. Sno­uck Hur­gron­je)
• Islam mam­pu men­ja­ga “kelang­sung­an dan keber­lang­sung­an” kebu­da­ya­an yang ber­a­gam di Nusan­ta­ra (Schri­e­ke)
• Rea­li­tas his­to­ris dan sosi­o­lo­gis Islam sarat dengan “per­u­bah­an” dan “keber­lang­sung­an (Harry J. Ben­da).

Islam Tum­buh Ber­sa­ma Buda­ya
• Islam masuk ber­sa­ma akti­vi­tas buda­ya, ter­u­ta­ma per­da­gang­an.
• Ter­ja­di inte­rak­si dengan masya­ra­kat dan kebu­da­ya­an setem­pat.
• Islam lebih dipa­ha­mi seba­gai sua­tu nilai, ajar­an yang sub­tan­tif.
• Mera­jut kera­gam­an buda­ya yang sudah ada dalam bing­kai keis­lam­an yang melen­turk­an aspek etni­si­tas.
• Lebih menon­jolk­an aspek keber­sa­ma­an dan tole­ran­si.

Mera­jut Kebe­ra­gam­an
• Pan­dang­an radi­kal yang mem­po­si­sik­an satu dimen­si kehi­dup­an gagal meli­hat, mema­ha­mi dan meng­a­ta­si kebe­ra­gam­an —> “den­dam dan kema­rah­an”
• Dalam kebe­ra­gam­an mun­cul keku­at­an dan pan­dang­an yang mene­kank­an pada dimen­si “subs­tan­si­al” diban­ding “for­ma­li­tas yang ber­si­fat late­ral”
• Menon­jol­nya pemi­kir­an dan komu­ni­tas pen­du­kung yang mene­kank­an pada “kese­im­bang­an” (al-tawa­zun), kea­dil­an (al-ta’adul) dan tole­ran­si (al-tasa­muh) —> “ramah dan men­da­ma­ik­an”
• “Islam Wasa­thi­yyah” kongru­en dengan Pan­ca­si­la dan Kein­do­ne­si­a­an.

Pema­par­an Mate­ri oleh Nara­sum­ber III
K.H. Muham­mad Najih Mai­mo­en dalam maka­lah­nya yang ber­ju­dul “Masuk­an untuk Gagas­an Islam Nusan­ta­ra”, pada bagi­an penu­tup maka­lah, beli­au mem­be­rik­an masuk­an seper­ti ber­i­kut.
Peng­gu­na­an isti­lah Islam Nusan­ta­ra sebe­nar­nya telah meng­u­ra­ngi bahk­an meru­sak uni­ver­sa­li­tas Islam. Pada dasar­nya jika Islam dimak­nai dengan hal par­ti­ku­lar, maka jus­tru akan mere­duk­si mak­na Islam itu sen­di­ri, sehing­ga isti­lah dan kon­sep Islam Nusan­ta­ra men­ja­di sangat pro­ble­ma­tis. Pro­blem aki­dah misal­nya. Jika Islam Nusan­ta­ra itu ber­komp­ro­mi dengan buda­ya lokal yang ter­in­di­ka­si syi­rik maka Islam Nusan­ta­ra telah melang­gar aki­dah. Kare­na dalam masa­lah aki­dah tidak ada ijti­had. Kon­sep Islam Nusan­ta­ra ini meru­pak­an salah satu agen­da penye­bar­an paham Plu­ra­lis­me.
Islam Nusan­ta­ra sebe­nar­nya gam­bar­an Islam yang tidak per­lu diper­ma­sa­lahk­an. Islam tah­lil­an, yasin­an, zia­rah kubur, tawas­sul, mulud­an dan lain seba­gai­nya, ini­lah Islam Nusan­ta­ra. Sebu­ah tatan­an yang sudah baku dan meng­a­kar di tengah-tengah umat. Sebu­ah syari’at dan ajar­an Islam yang diba­wa oleh
para Wali­so­ngo untuk meng-Islamk­an Nusan­ta­ra. Masa­lah­nya, kalau tiba-tiba isti­lah ter­se­but seka­rang dimun­culk­an lagi, dio­bok-dio­bok dan digem­bar-gem­bork­an oleh bebe­ra­pa tokoh dan orang-orang yang mem­pu­nyai rekam sepak ter­jang yang menyim­pang dari syari’at dan mem­pu­nyai raport merah dalam ber­a­ki­dah, ini per­lu dicu­ri­gai dan diwas­pa­dai. Kalau mere­ka meng­a­tak­an bah­wa Islam Nusan­ta­ra hadir untuk meles­ta­rik­an dan men­ja­ga buda­ya dan tra­di­si nahdli­yin, seba­gai­ma­na yang dipa­ha­mi dan dipu­bli­ka­sik­an kepa­da para kiai dan tokoh masya­ra­kat, itu meru­pak­an penge­la­buh­an dan sebu­ah kebo­hong­an besar. Namun buk­an hanya itu, Islam Nusan­ta­ra sebe­nar­nya “wajah baru” dari pro­yek Libe­ra­li­sa­si Islam di Indo­ne­sia.
Jika yang meng­a­wal Islam Nusan­ta­ra ada­lah para ula­ma pesan­tren yang isti­qa­mah meng­a­jar kitab salaf, mem­be­la, mem­per­ju­angk­an ajar­an dan mem­ben­te­ngi aki­dah­nya, maka kita dapat hus­nu­dh­an. Kon­sep Islam Nusan­ta­ra ala ula­ma salaf dapat mem­per­ta­hank­an esta­fet ajar­an Islam yang benar dan lurus ser­ta dakwah Islam yang tegas namun tetap san­tun dan mera­kyat sesu­ai waris­an ula­ma-ula­ma Nusan­ta­ra pen­da­hu­lu. Namun untuk kon­teks zam­an seka­rang, peju­ang-peju­ang syari’at seper­ti di atas sudah jarang ali­as lang­ka, kare­na para kiai sudah banyak yang sepuh semen­ta­ra gene­ra­si muda­nya sema­kin lun­tur ghi­rah isla­mi­yah­nya. Akan teta­pi, jika Islam Nusan­ta­ra ini diu­sung dan dida­kwahk­an oleh tokoh-tokoh nyle­neh yang sering meng­gem­bar-gem­bork­an ide Seku­la­ris­me, Plu­ra­lis­me dan Libe­ra­lis­me seper­ti yang ter­ja­di seka­rang ini, maka hal ini akan men­ja­di pin­tu ger­bang poten­si­al untuk meru­sak tatan­an aqi­dah dan syari’at Islam di nega­ra Indo­ne­sia ter­cin­ta ini. Walla­hu A’lam.

Sum­ber : http://berkarya.um.ac.id/

Next Post

BAGAIKAN REMBULAN DAN MENTARI

Tue May 17 , 2016
17 Mei 2016 BAGAIKAN REMBULAN DAN MENTARI     Bagaik­an melang­kah di awan Semua hanya ang­an-ang­an Tak mudah mera­ih baha­gia Bila arah saling ber­be­da   Bagaik­an rem­bul­an dan men­ta­ri Tak mung­kin sei­ring sejal­an Simfo­ni ini sebu­ah ele­gi Dua ira­ma di satu jalan­an…   Peng­gal­an lirik lagu: Melang­kah Di Atas Awan […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian