Home » Akademik » Inisiasi dan Sosialisasi Hand Sanitizer 4 Aroma Buatan Jurusan Kimia
Inisiasi dan Sosialisasi Hand Sanitizer 4 Aroma Buatan Jurusan Kimia
Inisiasi dan Sosialisasi Hand Sanitizer 4 Aroma Buatan Jurusan Kimia

Inisiasi dan Sosialisasi Hand Sanitizer 4 Aroma Buatan Jurusan Kimia

 Hand Sanitizer merupakan pembersih tangan berbentuk gel yang berguna untuk membersihkan atau menghilangkan kuman pada tangan. Ada dua jenis Hand Sanitizer yang ada dipasaran Hand Sanitizer gel dan Hand Sanitizer spray. Perbedaan dari kedua jenis Hand Sanitizer ini adalah bentuknya yaitu gel dan spray. Dengan merebaknya Virus Covid-19 yang telah menyebar keseluruh penjuru dunia maka diperlukan suatu penanganan khusus.

Jumlah pasien yang positif virus corona di Indonesia berjumlah 96 pasien (data per 14/3/2020). Untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas maka dibutuhkan kesadaran dan kewaspaadaan yang tinggi bagi setiap orang. Cara yang paling efektif untuk melindungi diri dan orang lain dari COVID-19 adalah sering mencuci tangan, menutup mulut saat batuk dengan siku yang terlipat atau tisu, dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang yang batuk-batuk atau bersin-bersin. Oleh sebab itu maka Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang mencoba mengembangkan Hand Sanitizer yang dapat digunakan sebagai pengganti cuci tangan. Dengan menggunakan Hand Sanitizer maka bakteri dan virus akan lebih efektif dilumpuhkan dengan waktu yang relatif cepat. Dengan izin Ketua Jurusan Kimia (Dr. Sumari, M.Si) dan Kepala Laboratorium Kimia (Dr. Yudhi Utomo, M.Si), seorang dosen kimia sekaligus Sektretaris Jurusan Kimia, Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya, S.Si., M.Sc menginisiasi membuat Hand Sanitizer dengan 4 aroma yang umum yang disukai semua kalangan. Hand Sanitizer ini terdapat dalam 4 varian aroma yaitu coffee, greentea, melati dan strawberry. Berdasarkan arahan yang diberikan oleh Rektor Universitas Negeri Malang melalui Dekan FMIPA UM yaitu Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si, Hand Sanitizer ini  diharapkan akan didistribusikan keseluruh civitas akedemika Universitas Negeri Malang.

Selain itu Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya, S.Si., M.Sc akan mempersiapkan produknya dibantu oleh Dr. Evi Susanti dan Dr. Irma Kartika Kusumaningrum untuk simulasi metodologi dan Uji Biokimia serta distribusi dan perkembangan produk oleh Dr. Yudhi Utomo, M.Si. Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya, S.Si., M.Sc, dkk akan merencanakan pengabdian masyarakat. Produk yang dihasilkan akan di distribusikan secara gratis untuk kalangan yang kurang mampu terutama Nelayan, Masyarakat Pasar Tradisional, Masyarakat pekerja bangunan dan Yatim Piatu untuk pencegahan virus corona. Terlebih lagi persiapan produk ini diperuntukkan untuk memenuhi Hibah Pengabdian Luar Negeri tahun 2020 yang luarannya selain pelatihan dasar diving untuk mencegah kerusakan terumbu karang untuk Kampung Nelayan Indonesia di Tomarin, Jepang.