MAHASISWA KIMIA UM MELAKUKAN SKRINING FITOKIMIA TERHADAP TANAMAN TEMBAKAU DI BALAI PENELITIAN TANAMAN PEMANIS DAN SERAT (BALITTAS)

MAHASISWA KIMIA UM MELAKUKAN SKRINING FITOKIMIA TERHADAP TANAMAN TEMBAKAU DI BALAI PENELITIAN TANAMAN PEMANIS DAN SERAT (BALITTAS)

 

Jurus­an Kimia

[Ama­lia Bella Putri, Indah Nur Pra­mes­ti, S.Si, M.Eng]

15 Novem­ber 2021

[Rese­ar­ch]

SDG 9, SDG 15

Jurus­an kimia UM pada bul­an Juli – Novem­ber 2021 meng­i­rimk­an bebe­ra­pa maha­sis­wa­nya untuk melak­sa­nak­an magang MBKM Mode Penuh. Salah satu­nya ber­na­ma Ama­lia Bella Sapu­tri yang dibim­bing oleh dosen Kimia UM Ibu Indah Nur Pra­mes­ti, S.Si, M.Eng. Kegi­at­an magang MBKM Mode Penuh yang dilak­sa­nak­an di Balai Pene­li­ti­an Tanam­an pema­nis dan Serat (Balit­tas) ber­tu­ju­an untuk men­da­patk­an penga­lam­an baru, mening­katk­an kua­li­tas, ketram­pil­an, dan kre­a­ti­vi­tas maha­sis­wa dalam dunia ker­ja. Bagi Balit­tas, kegi­at­an dapat men­ja­di sara­na untuk menya­ring sum­ber daya manu­sia yang pro­fes­sio­nal dan men­ja­lin hubung­an ker­ja sama anta­ra Balit­tas dengan Fakul­tas MIPA Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang di masa men­da­tang ter­ka­it pengem­bang­an tanam­an pema­nis, serat, dan tem­ba­kau di Balai Pene­li­ti­an Tanam­an Pema­nis dan Serat.

Balit­tas sen­di­ri banyak mela­kuk­an pene­li­ti­an ter­ka­it tem­ba­kau. Di masya­ra­kat tanam­an tem­ba­kau masih memi­li­ki sti­gma nega­tif kare­na peman­fa­a­tan­nya yang dike­nal luas seba­gai bah­an dasar pem­bu­at­an rokok dan ceru­tu saja. Mela­lui diver­si­fi­ka­si pro­duk tem­ba­kau non rokok, diha­rapk­an tem­ba­kau dapat diman­fa­atk­an seca­ra opti­mal tidak hanya bagi­an daun­nya saja dan tidak mem­ba­ha­yak­an bagi kese­hat­an. Lim­bah yang diha­silk­an dari budi­da­ya tem­ba­kau masih memi­li­ki poten­si yang sangat besar dan banyak. Untuk pengem­bang­an diver­si­fi­ka­si pro­duk tem­ba­kau non rokok yang lebih jauh dapat dimu­lai dengan meng­eks­plo­re senya­wa apa saja yang ter­kan­dung di dalam tem­ba­kau baik diba­gi­an bunga, batang, dan akar sehing­ga dapat dikem­bangk­an men­ja­di pro­duk yang memi­li­ki nilai tam­bah ser­ta tidak mem­ba­ha­yak­an kese­hat­an. Penen­tu­an senya­wa apa saja yang ter­kan­dung dalam tanam­an tem­ba­kau dapat dimu­lai dengan meng­eks­trak­si tanam­an tem­ba­kau selan­jut­nya dila­kuk­an skri­ning fito­ki­mia pada eks­trak tanm­an tem­ba­kau seba­gai uji pen­da­hu­lu­an untuk meng­e­ta­hui golong­an senya­wa apa yang ter­kan­dung pada seti­ap bagi­an tanam­an tem­ba­kau.

Kegi­at­an magang MBKM Mode Penuh yang dilak­sa­nak­an di Balai Pene­li­ti­an Tanam­an Pema­nis dan Serat meli­pu­ti eks­trak­si minyak atsi­ri tem­ba­kau dengan meto­de uap sela­ma 6 jam, mem­bu­at par­fum tem­ba­kau dengan bah­an dasar minyak atsi­ri tem­ba­kau yang dipe­ro­leh dari des­ti­la­si uap sela­ma 6 jam, mem­bu­at effe­rve­scent gula merah dari nira tebu, mela­kuk­an uji kese­ra­gam­an ben­tuk effe­rve­scent gula merah dari nira tebu, uji kece­pat­an wak­tu larut dan ting­gi buih effe­rve­scent gula merah dari nira tebu, uji kea­sam­an atau pH effe­rve­scent gula merah dari nira tebu, pre­pa­ra­si sam­pel tem­ba­kau untuk mem­bu­at ser­buk sim­pli­sia bunga, batang, daun dan akar tanam­an tem­ba­kau, mela­kuk­an eks­trak­si bunga, batang, daun dan akar tanam­an tem­ba­kau seca­ra mase­ra­si dengan pela­rut eta­nol 96%, dan mela­kuk­an uji skri­ning fito­ki­mia pada eks­trak eta­nol bunga, batang, daun dan akar tanam­an tem­ba­kau.

Next Post

JURUSAN KIMIA UM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DENGAN INTEGRATED CHEMICAL LITERACY STRATEGY (ICLS)

Fri Dec 3 , 2021
JURUSAN KIMIA UM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DENGAN INTEGRATED CHEMICAL LITERACY STRATEGY (ICLS)   Jurus­an Kimia [Okta­via Sulis­ti­na, S.Pd, M.Pd , Prof. Dra. Sri Raha­yu, M.Ed., Ph.D , Drs. I Way­an Das­na, M.Si, M.Ed., Ph.D , Dr. Yah­min, S.Pd, M.Si]   3 Desem­ber 2021 [Rese­ar­ch] SDG 4 , SDG 9 […]
JURUSAN KIMIA UM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DENGAN INTEGRATED CHEMICAL LITERACY STRATEGY (ICLS)

Kabar Lain

EnglishIndonesian