PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KURIKULUM 2013: SUATU ALTERNATIF DISAIN MEMBELAJARKAN KOMPETENSI DASAR 3.2 DAN 4.2

PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KURIKULUM 2013: SUATU ALTERNATIF DISAIN MEMBELAJARKAN KOMPETENSI DASAR 3.2 DAN 4.2 

Sya­hri­al*a

a Staf Penga­jar FKIP Kimia Uni­ver­si­tas Syi­ah Kua­la
Teu­ku Nyak Ari­ef Darus­sa­lam, Aceh 23111

* Cor­res­pon­ding author’s ema­il: syahrial@fkip.unsyiah.ac.id 

ABSTRAK 

Telah disu­sun con­toh disa­in per­en­ca­na­an pem­be­la­jar­an kimia untuk Kom­pe­ten­si Dasar (KD) 3.2 dan 4.2 kelas XII SMA/MA. Pengem­bang­an disa­in per­en­ca­na­an pem­be­la­jar­an ber­pe­dom­an kepa­da sejum­lah atur­an yai­tu Per­a­tur­an Peme­rin­tah dan Per­a­tur­an Men­te­ri Pen­di­dik­an dan Kebu­da­ya­an yang men­du­kung pene­rap­an kuri­ku­lum 2013. Disa­in per­en­ca­na­an pem­be­la­jar­an yang diha­silk­an diha­rapk­an dapat men­ja­di alter­na­tif pedom­an dan pem­ban­ding dalam pengem­bang­an per­en­ca­na­an pem­be­la­jar­an kimia. KD 3.2 dan 4.2 dikem­bangk­an men­ja­di sua­tu ren­ca­na pem­be­la­jar­an dengan mem­per­ha­tik­an dimen­si penge­ta­hu­an dan dimen­si pro­ses kog­ni­tif yang ter­kan­dung di dalam­nya. Dimen­si penge­ta­hu­an yang ter­kan­dung di dalam KD 3.2 dan 4.2 yai­tu penge­ta­hu­an fak­tu­al, kon­sep­tu­al, pro­se­du­ral, dan meta­kog­ni­tif ser­ta ting­kat ana­lyze (C4) untuk dimen­si pro­ses kog­ni­tif. Paling tidak ada delap­an akti­fi­tas bela­jar yang harus dila­lui pebe­la­jar agar mam­pu mema­ha­mi KD 3.2 dan 4.2. Delap­an akti­fi­tas bela­jar ter­se­but dibe­la­jark­an dengan mene­rapk­an pen­de­kat­an sain­ti­fik; model inte­rak­si sosi­al; stra­te­gi inte­rak­tif; dan meto­de pem­be­la­jar­an koo­pe­ra­tif ser­ta didu­kung oleh pro­gram simu­la­si PhET (Physic Edu­ca­tion Tech­no­lo­gy). Tahap pelak­sa­na­an pem­be­la­jar­an meng­i­ku­ti pola seba­gai­ma­na yang disa­rank­an pada lam­pir­an IV Per­men­dik­bud Nomor 81A Tahun 2013. Disa­in per­en­ca­na­an pem­be­la­jar­an KD 3.2 dan 4.2 masih per­lu dikem­bangk­an lebih ter­pe­rin­ci dan lebih leng­kap, misal meleng­ka­pi per­en­ca­na­an dengan lem­bar ker­ja sis­wa, bah­an ajar yang memu­at selu­ruh urut­an akti­fi­tas bela­jar, dan assess­ment.

Kata kun­ci: disa­in pem­be­la­jar­an, per­en­ca­na­an pem­be­la­jar­an, dimen­si pro­ses kog­ni­tirf, dimen­si penge­ta­hu­an, kuri­ku­lum 2013.

Next Post

STUDI MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL

Tue Jun 7 , 2016
STUDI MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL Her­li­na Apri­a­ni*, Sri­ni Mur­ti­nah Iskan­dar, Yah­min Pasca­sar­ja­na Pen­di­dik­an Kimia Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang 5, Malang, Jawa Timur *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: Herlina_Apriani@yahoo.com ABSTRAK  Kimia ada­lah salah satu bagi­an dari sains yang dalam pem­be­la­ja­ran­nya masih sering diang­gap sulit oleh sis­wa. Salah satu topik dalam kimia […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian