Yerry Soepriyanto, S.T.,M.T. Kembangkan Media Pembelajaran Interactive Whiteboard

yerry

14 Mei 2016

Malang- Pada era mode­ren ini per­kem­bang­an media pem­ba­la­jar­an ber­ba­sis digi­tal sangat cepat.    Di Ing­gris, ham­pir semua seko­lah sudah tidak meng­gu­nak­an pap­an tulis bia­sa, namun sudah meng­gu­nak­an pap­an inte­rak­tif digi­tal.

Ter­ins­pi­ra­si hal ter­se­but, Yerry Soep­ri­yan­to, S.T,. M,T., mene­li­ti  ten­tang tek­no­lo­gi-tek­no­lo­gi  ter­ki­ni yang mun­cul ber­da­sark­an  tek­no­lo­gi infor­ma­si dan komu­ni­ka­si untuk media pem­be­la­jar­an. Ruang ling­kup apli­ka­si disa­na meng­a­cu pada pema­ka­i­an han­dbo­ok of rese­ar­ch of edu­ca­tion com­mu­ni­ca­tion tech­no­lo­gy dari ICT.

Dari pena­li­ti­an itu Yer­ri, ber­ha­sil meran­cang tek­no­lo­gi media pem­be­la­jar­an dengan nama inte­ra­cti­ve whi­te­bo­a­rd atau pap­an inte­rak­tif  yang ber­ba­sis web­si­te, yang  mam­pu menyam­pa­ik­an kas­an argmen­ted rea­li­ty atau rea­li­tas ter­tam­bah kepa­da anak didik.

Media inte­ra­cti­ve whi­te­bo­a­rd ini dalam pro­ses bela­jar meng­a­jar bisa meng­ha­dirk­an rea­li­tas ter­tam­bah. Mak­sud­nya  rea­li­tas ter­tam­bah itu ada objek nya­ta ditam­bah dengan pen­je­las­an objek vir­tu­al (obyek maya), sehing­ga keli­hat­an seper­ti kenya­ta­an sese­ung­guh­nya, pada­hal sebe­nar­nya tidak ada konsepnya,“papar dosen Jurus­an Tek­no­lo­gi Pem­be­la­jar­an FIP itu.

Dengan meng­gu­nak­an media ini,  pengem­bang­an pem­be­la­jar­an meng­a­rah ke lear­ning by doing your­self. Sehing­ga dalam pro­ses bela­jar meng­a­jar sis­wa-sis­wa­nya yang lebih cen­de­rung bela­jar dengan meng­a­la­mi sua­tu per­is­ti­wa  sen­di­ri, buk­an disam­pa­ik­an oleh gurunya,“ujar pria yang murah senyum.

Sala­ma ini guru meng­a­jar mema­kai pap­an bia­sa (whi­te­bo­a­rd). Penga­jar bia­sa­nya lebih dulu menu­lis atau meng­gam­bar  mate­ri  pela­jar­an di pap­an tulis yang akan dite­rangk­an, con­toh­nya org­an pen­cer­nak­an. Selan­jut­nya mate­ri pem­ba­la­jar­an bisa diin­te­rak­sik­an kepa­da sis­wa dengan cara guru menun­juk satu gam­bar org­an pen­cer­na­an dan men­je­las­ka­nya.

Apa­bi­la meng­gu­nak­an inte­ra­cti­ve whi­te­bo­a­rd, guru tidak usah meng­gam­bar ber­ka­li-kali cukup satu kali saja. Guru  men­je­lask­an hanya dengan meng­u­nak­an stylu­sh untuk menun­jukk­an  org­an pen­cer­na­an, dan sudah bisa dili­hat sam­pai dalem­nya seper­ti apa,“tambahnya .

Dengan meng­gu­nak­an inte­ra­cti­ve whi­te­bo­a­rd guru ting­gal meng­a­rahk­an stylu­sh­nya agar media pem­ba­la­jar­an ini bisa meng­u­rai sen­di­ri seper­ti nya­ta.

Media pem­ba­la­jar­an ini cocok untuk  pen­di­dik­an anak usia dini khu­sus­nya untuk meng­em­bangk­an kete­ram­pil­an psi­ko­mo­tor yang paling seder­ha­na yai­tu: funmo­tor dan cross­mo­tor.  Pene­rap­an pene­li­tan­nya  sudah sam­pai kesi­tu dan yang voca­tio­nal sudah diker­jak­an dan hasil eks­pe­ri­me­nya bagus,“tegasnya.

Penu­lis: Budi­har­to
Edi­tor: Moch. Sya­hri
Sum­ber : www.um.ac.id

Next Post

Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd., Asa Kembangkan Pembelajaran Daring Terbuka

Sat May 14 , 2016
14 Mei 2016 Malang-Masya­ra­kat tidak semua punya kesem­pat­an kuli­ah di Pengu­ru­an Ting­gi. Mere­ka sebe­nar­nya sangat mem­bu­tuhk­an ilmu-ilmu dari hasil riset per­gu­ru­an ting­gi untuk menam­bah ilmu penge­ta­hu­an mere­ka. Ber­ang­kat dari rasa kep­ri­ha­tin­an ini, Dr. Henry Pra­he­rdhio­no, S.Si., M.Pd., ber­u­pa­ya untuk menye­bark­an ilmu per­gu­ru­an ting­gi ke masya­ra­kat. Penye­bar­an ilmu itu tidak mung­kin […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian