PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KURIKULUM 2013: SUATU ALTERNATIF DISAIN MEMBELAJARKAN KOMPETENSI DASAR 3.2 DAN 4.2
Syahrial*a
a Staf Pengajar FKIP Kimia Universitas Syiah Kuala
Teuku Nyak Arief Darussalam, Aceh 23111
* Corresponding author’s email: syahrial@fkip.unsyiah.ac.id
ABSTRAK
Telah disusun contoh disain perencanaan pembelajaran kimia untuk Kompetensi Dasar (KD) 3.2 dan 4.2 kelas XII SMA/MA. Pengembangan disain perencanaan pembelajaran berpedoman kepada sejumlah aturan yaitu Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mendukung penerapan kurikulum 2013. Disain perencanaan pembelajaran yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi alternatif pedoman dan pembanding dalam pengembangan perencanaan pembelajaran kimia. KD 3.2 dan 4.2 dikembangkan menjadi suatu rencana pembelajaran dengan memperhatikan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif yang terkandung di dalamnya. Dimensi pengetahuan yang terkandung di dalam KD 3.2 dan 4.2 yaitu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta tingkat analyze (C4) untuk dimensi proses kognitif. Paling tidak ada delapan aktifitas belajar yang harus dilalui pebelajar agar mampu memahami KD 3.2 dan 4.2. Delapan aktifitas belajar tersebut dibelajarkan dengan menerapkan pendekatan saintifik; model interaksi sosial; strategi interaktif; dan metode pembelajaran kooperatif serta didukung oleh program simulasi PhET (Physic Education Technology). Tahap pelaksanaan pembelajaran mengikuti pola sebagaimana yang disarankan pada lampiran IV Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013. Disain perencanaan pembelajaran KD 3.2 dan 4.2 masih perlu dikembangkan lebih terperinci dan lebih lengkap, misal melengkapi perencanaan dengan lembar kerja siswa, bahan ajar yang memuat seluruh urutan aktifitas belajar, dan assessment.
Kata kunci: disain pembelajaran, perencanaan pembelajaran, dimensi proses kognitirf, dimensi pengetahuan, kurikulum 2013.