Revolusi Pembelajaran di SMAN 3 Sidoarjo: Menghadirkan Modul Ajar Berdiferensiasi sebagai Pengganti RPP

Sido­ar­jo, 20 Juli 2023 — SMAN 3 Sido­ar­jo meng­ha­dirk­an tero­bos­an revo­lu­sio­ner dalam dunia pen­di­dik­an dengan mem­per­ke­nalk­an peng­gu­na­an Modul Ajar Ber­di­fe­ren­si­a­si seba­gai peng­gan­ti RPP (Ren­ca­na Pelak­sa­na­an Pem­be­la­jar­an). Lang­kah ino­va­tif ini meru­pak­an bagi­an dari upa­ya untuk mening­katk­an kua­li­tas pem­be­la­jar­an dan meng­ha­dirk­an pen­di­dik­an yang lebih inklu­sif bagi sis­wa-sis­wi di seko­lah ter­se­but.

Dalam sebu­ah dis­ku­si dengan para guru dan staf aka­de­mik, Kepa­la SMAN 3 Sido­ar­jo, Bapak Ikh­w­an, menyam­pa­ik­an bah­wa per­u­bah­an ter­se­but dida­sark­an pada kei­ngin­an untuk mem­be­rik­an pem­be­la­jar­an yang lebih per­so­nal dan adap­tif bagi seti­ap sis­wa. Dia menye­butk­an bah­wa dengan meng­gu­nak­an Modul Ajar Ber­di­fe­ren­si­a­si, seko­lah ber­u­pa­ya men­cip­tak­an ling­kung­an pem­be­la­jar­an yang sesu­ai dengan kebu­tuh­an dan kemam­pu­an masing-masing sis­wa.

Modul Ajar Ber­di­fe­ren­si­a­si ada­lah bah­an ajar yang diran­cang khu­sus dan dise­su­a­ik­an untuk ber­a­gam gaya bela­jar dan ting­kat pema­ham­an sis­wa. Peng­gu­na­an modul ini memung­kink­an guru untuk menyam­pa­ik­an mate­ri pela­jar­an dengan lebih vari­a­tif dan mena­rik, sehing­ga dapat mening­katk­an minat dan par­ti­si­pa­si aktif sis­wa dalam pro­ses bela­jar meng­a­jar.

Bapak Ikh­w­an men­je­lask­an bah­wa, “Imple­men­ta­si Modul Ajar Ber­di­fe­ren­si­a­si ini buk­an ber­ar­ti meng­gan­tik­an per­an guru, teta­pi jus­tru mem­ban­tu guru dalam menye­di­ak­an pen­de­kat­an yang lebih efek­tif dan inklu­sif. Seti­ap sis­wa ber­be­da, dan dengan pen­de­kat­an ini, kami ingin memas­tik­an bah­wa seti­ap sis­wa men­da­patk­an kesem­pat­an yang sama untuk ber­kem­bang sesu­ai dengan poten­si masing-masing.”

Sejum­lah guru di SMAN 3 Sido­ar­jo menyam­but baik ini­si­a­tif ini, meng­ang­gap­nya seba­gai lang­kah maju dalam men­cip­tak­an pro­ses pem­be­la­jar­an yang lebih relev­an dengan kebu­tuh­an peser­ta didik. Mere­ka per­ca­ya bah­wa dengan ada­nya Modul Ajar Ber­di­fe­ren­si­a­si, sis­wa yang memi­li­ki kece­pat­an bela­jar ber­be­da-beda dapat mera­sa lebih dihar­gai dan dibe­rda­yak­an dalam ling­kung­an bela­jar.

Salah satu guru, Ibu Rat­na, meng­ung­kapk­an per­a­sa­an­nya ten­tang per­u­bah­an ini, “Saya sangat ber­se­ma­ngat dengan peng­gu­na­an Modul Ajar Ber­di­fe­ren­si­a­si ini. Mela­lui pen­de­kat­an yang lebih per­so­nal, saya yakin sis­wa-sis­wa kami akan men­ca­pai poten­si ter­ba­ik mere­ka dalam pro­ses pem­be­la­jar­an.”

Pene­rap­an Modul Ajar Ber­di­fe­ren­si­a­si ini juga diha­rapk­an dapat mening­katk­an hasil bela­jar dan pres­ta­si sis­wa seca­ra kese­lu­ruh­an, seka­li­gus meng­u­ra­ngi kesen­jang­an pem­be­la­jar­an anta­ra sis­wa-sis­wa dengan kemam­pu­an yang ber­a­gam.

Dengan lang­kah revo­lu­sio­ner ini, SMAN 3 Sido­ar­jo ber­ha­rap dapat men­ja­di con­toh bagi seko­lah-seko­lah lain untuk mene­rapk­an meto­de pem­be­la­jar­an yang lebih inklu­sif dan ber­o­ri­en­ta­si pada kebe­ra­gam­an sis­wa. Pen­di­dik­an yang adil dan mera­ta bagi semua meru­pak­an tuju­an akhir dari revo­lu­si pem­be­la­jar­an ini.

Pem­ba­ru­an meng­e­nai imple­men­ta­si Modul Ajar Ber­di­fe­ren­si­a­si ini akan terus dii­ku­ti dan diu­mumk­an oleh SMAN 3 Sido­ar­jo dalam rang­ka men­du­kung dan mem­per­ku­at upa­ya mere­ka dalam menye­di­ak­an pen­di­dik­an ber­ku­a­li­tas bagi selu­ruh sis­wa di seko­lah ter­se­but.

Next Post

Webinar Kebangsaan “Gerakan Anti Radikalisme”

Fri Jul 28 , 2023
Depar­te­men Kimia Ber­sa­ma dengan Him­pun­an Maha­sis­wa Depar­te­men Kimia melak­sa­nak­an webi­nar kebang­sa­an dengan tema “Gerak­an Anti Radi­ka­lis­me” pada hari Senin, 24 Juli 2023. Webi­nar wawas­an kebang­sa­an ini dii­si oleh Dr. Ridw­an Johar­ma­w­an seba­gai pema­te­ri. Bapak Ridw­an Johar­ma­w­an sen­di­ri meru­pak­an salah satu dosen Depar­te­men Kimia yang memi­li­ki banyak penga­lam­an dalam ber­or­ga­ni­sa­si. Seba­nyak […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian